EFEKTIVITAS METODE STUDENT CENTERED LEARNING YANG BERBASIS FUN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Warlan Sugiyo(1), Ersanghono Kusuma(2), Purnami Tri Wahyuni(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry diharapkan dapat
membuat pembelajaran kimia menyenangkan dan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry
pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri atas
4 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI
IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kontrol. Variabel yang
diteliti adalah hasil belajar siswa, dengan desain eksperimen control-group pretest-posttest.
Analisis awal, kedua kelompok berdistribusi normal, variansinya sama, dan rata-rata nilai
tidak berbeda. Analisis akhir memberikan hasil belajar kedua kelompok berbeda secara
signifi kan. Hasil uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen thitung (7,5072)>ttabel (2,0301)
yang berarti pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang
berbasis Fun Chemistry telah mencapai ketuntasan belajar. Untuk kelompok kontrol thitung
(-0,3241) < ttabel (2,0301), belum mencapai ketuntasan belajar. Dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun
Chemistry efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: student centered learning, fun chemistry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.