ANALISIS HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP

Rilo Adwyarini Sunarya(1), Supartono Supartono(2), Sri Susilogati Sumarti(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024) 8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024) 8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024) 8508035

Abstract

Penelitian studi kasus ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bergas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan tingkat minat wirausaha siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan bahan ajar berorientasi Cemoentrepreneurship (CEP) pada materi buffer dan hidrolisis. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengetahui nilai kognitif, observasi untuk mengetahui nilai afektif dan psikomotorik, angket untuk mengetahui tingkat minat wirausaha siswa, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 75,32 yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), ranah afektif sebesar 91,60 dengan kriteria sangat baik; dan ranah psikomotorik sebesar 83,24 dengan kriteria baik. Tingkat minat wirausaha siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 26,32% dan 73,68% termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan tingkat minat wirausaha siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan bahan ajar berorientasi CEP termasuk dalam kategori tinggi.

Keywords

chemoentrepreneurship, hasil belajar, minat wirausaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.