BEBAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI PONDOK PESANTREN

Yayang Nurwanda(1), Burhanudin Milama(2), Luki Yunita(3),


(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir H. Juanda No. 95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15121, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir H. Juanda No. 95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15121, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir H. Juanda No. 95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15121, Indonesia

Abstract

Setiap siswa mempunyai kapasitas memori kerja yang berbeda. Banyakya kegiatan dan mata pelajaran di pondok pesantren yang kebanyakan menjadi salah satu penyebab berlebihnya kapasitas memori kerja siswa. Akibatnya, siswa merasakan beban pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif siswa di pondok pesantren Al-Mizan khususnya pada pembelajaran kimia. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Dimana sampel pada penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas XI IPA 1. Beban kognitif siswa dalam penelitian ini adalah Intrinsic Cognitive Load (ICL) berkaitan dengan kemampuan Menerima dan Mengolah Informasi siswa diukur dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD). Extraneous Cognitive Load (ECL) berkaitan dengan Usaha Mental siswa diukur dengan menggunakan angket skala Likert. Germane Cognitive Load (GCL) berkaitan dengan Hasil Belajar siswa diukur dengan menggunakan latihan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan menerima dan mengolah informasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 70 dalam kategori baik. Usaha mental siswa dengan nilai rata-rata sebesar 71 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai sebesar 48 dalam kategori cukup.

 

Keywords

beban kognitif, pondok pesantren, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, N. H., 2016, Character Education in Islamic Boarding School Based SMA Amanah. Journal of Education, Vol 2, No 2, Hal 288-290.

Bannert, M., 2002, Managing cognitive load recent trends in cognitive load theory, Learning and Instruction, Vol 21, No 4, Hal 142-144.

Brunken, R., Seufert, T., dan Paas, F., 2010, Measuring cognitive load. Dalam Plass J.L, Moreno R, & Brunken, R. Cognitive load theory, Cambridge: Cambridge University Press.

Chandler, P., dan Tindall-Ford, S., 2014., Cognitive Load Theory and Instructional Design, Cognitive Technology, Vol 2, No 1, Hal 9-17.

Fauzi, A., Suyatno, dan Raharjo., 2016, Implementasi Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (React) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Di Sekolah Berbasis Pesantren, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya, ISBN: 978-602-0951-12-6, Hal 93-96.

Fitriana, E., Utaya, S., dan Budijanto, 2016, Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang, Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 1, No 4, Hal 663-666.

Giani, Z., & Cecil, H., 2015, Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 9, No 2, Hal 4-8.

Gunawan, I., dan Palupi, A. R., 2012, Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol 2, No 2, Hal 100-114.

Jong, T.D., 2010, Cognitive Load Theory, Educational Research, And Instructional Design: Some Food For Thought. Intructional Science, Vol 38, No 2, Hal 106-119.

Kalyuga, S., 2011, Informing: A Cognitive Load Perspective, The International Journal of an Emerging Transdiscipline, Vol 14, Hal 34-37.

Kamaruddin, 2016, Penerapan Pembelajaran Statistika 2 Mengacu pada Teori Beban Kognitif pada Mahasiswa Matematika Universitas Kaltara Tahun Ajaran 2015/2016, Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY, ISBN. 978- 602- 73403- 1- 2. Hal 96-98.

Kuswana dan Sunaryo, W., 2011, Taksonomi Berfikir, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lin, J. J. H. dan Lin, S. S. J., 2013, Cognitive Load for Configuration Comprehension in Computer-Supported Geometry Problem Solving: An Eye Movement Perspective, International Journal of Science and Mathematics Education, Vol 12, No 3, Hal 607-610.

Mayasari, N., 2017, Beban Kognitif dalam Pembelajaran Persamaan Differensial dengan Koefisien Linier di Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017, Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, Vol 2, No 1, Hal 1-5.

Meissner, B. dan Franz X. B., 2013, Towards Cognitive Load Theory as Guideline for Instructional Design in Science Education, World Journal of Education, Vol 3, No 2, Hal 24-26.

Merrienboer, J.J.G. dan Sweller, J., 2005, Cognitive Load Theory and Complex Learning: Recent Developments and Future Directions, Educational Psychology Review, Vol 17, No 2, Hal 149-151.

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.