PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SENYAWA TURUNAN ALKANA MELALUI LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PETA KONSEP

Suhanda Suhanda(1), Sugeng Suryanto(2),


(1) SMA N 2 Purworejo, Jawa Tengah
(2) SMA N 2 Purworejo, Jawa Tengah

Abstract

Dalam pembelajaran kimia SMA, materi senyawa turunan alkana merupakan kelanjutan dari materi hidrokarbon dan minyak bumi yang telah dipelajari saat siswa berada di kelas XI. Pengalaman sebagai guru menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih kesulitan dalam memahami konsep senyawa turunan alkana. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep senyawa turunan alkana dengan penerapan Learning Cycle (LC) 5E berbantuan peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Purworejo pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pemahaman konsep, wawancara dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan LC 5E berbantuan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kinerja tercapai pada siklus ke 3. Pemahaman konsep siswa pada prasiklus sebesar 48%, pada siklus I sebesar 72 % menjadi 84% pada siklus 2, dan mencapai 87% pada siklus 3. Ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 46%, siklus 1 sebesar 68%, siklus 2 meningkat menjadi 78%, dan pada akhir siklus 3 sudah mencapai 100%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan LC 5E berbantuan peta konsep memberikan dampak positif bagi peningkatan pemahaman siswa pada konsep senyawa turunan alkana.

Keywords

learning-cycle 5E, peta konsep, senyawa turunan alkana

Full Text:

PDF

References

Amaliyah, R., Zubaidah, S. dan Lestari, U., 2016, Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan peta konsep untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM, Proseding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Vol 1.

Cahyarini, A., Rahayu, S. dan Yahmin, 2016, The effect of 5Elearning cycle instructional model using socioscientific issues (SSI) learning context on students’ critical thinking, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 5, N. 2, Hal 222-229.

Cardellini, L., 2012, Chemistry: Why the Subject is Difficult?, Educación Química, Vol 23, No 2, Hal 305-310.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B. dan Osher, D., 2020, Implications for educational practice of the science of learning and development, Applied Developmental Science, Vol 24, No 2, Hal 97-140.

Daro’aeni, F., Yamtinah, S. dan Nurhayati, N.D., 2013, Pengaruh kemampuan memahami bacaan, kemampuan memori, dan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok koloid kelas XI semester genap SMA N 1 Ngemplak, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 2, No 3, Hal 139-145.

Fachrurrozie dan Wahyuningrum, I. F. S., 2010, Efektivitas peta konsep dalam pembelajaran mata kuliah dasar ekonomi, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol 5, No 2, Hal 165 – 179.

Fatmawati, L., 2016, Peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep IPS melalui model Learning Cycle 5E, Jurnal Prima Edukasia, Vol 4, No 2, Hal 148-162.

Kelly, R.M., Akaygun, S., Hansen, S.J.R. dan Villalta-Cerdas, A., 2017, The effect that comparing molecular animations of varying accuracy has on students’ submicroscopic explanations, Chemistry Education Research and Practice, Vol 18, No 4, Hal 582-600.

Knudtson, C.A., 2015, ChemKarta: A Card Game for Teaching Functional Group in Undergraduate Organic Chemistry, Journal of Chemical Education, Vol 92, No 9, Hal 1514-1517.

Kusamah, W. dan Dwitagama, D., 2009, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Idenks.

Mustakin dan Solikin, 2015, Upaya meningkatkan keberanian siswa bertanya dan prestasi belajar dengan pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan media, Jurnal Pendidikan, Vol 16, No 2, Hal 74-99.

Rahma, A.A., 2013, Pengaruh Model Siklus Belajar Berbantuan Mind Map terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kinerja Laboratorium Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan, Jurnal Pendidikan Sains, Vol 1, No 2, Hal 187-193.

Suciati, Vincentrisia, A., dan Ismiyatin 2015, Application of learning cycle model (5E) learning with chart variation towards students’ creativity, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 4, No 1, Hal 56-66.

Sumarni, W., 2010, Penerapan learning cycle sebagai upaya meningkatkan keterampilan generiks sains inferensi logika mahasiswa melalui perkuliahan praktikum kimia dasar, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 4, No 1, Hal 521-531.

Thursina, 2017, Meningkatkan prestasi belajar kimia melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada maeri hidrokarbon dan minyak bumi siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Aceh Besar, Lantanida Journal, Vol 5, No 2, Hal 160-171.

Ulfah, M., Subandi dan Munzil, 2017, Miskonsepsi pada materi gugus fungsi dan potensi strategi konflik kognitif berbasis multipel representasi dan cara memperbaikinya, Jurnal Pembelajaran Kimia, Vol 2, No 2, Hal 9-14.

Windayani, N., Hasanah, I. dan Helsy, I., 2018, Analisis bahan ajar senyawa karbon berdasarkan kriteria keterhubungan representasi kimia, JTK: Jurnal Tadris Kimiya, Vol 3, No 1, Hal 83-93.

Wulandari, C., Susilaningsih, E. dan Kasmui 2018, Estimasi validitas dan respon siswa terhadap bahan ajar multirepresentasi: definitif, makroskopis, mikroskopis, simbolik pada materi asam basa, Jurnal Phenomenon, Vol 8, No 2, Hal 165-174.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.