Pengembangan Modul Bermuatan Multirepresentasi pada Materi Hidrokarbon untuk SMA/MA

Titah Nor Fahmi(1), Retno Aliyatul Fikroh(2),


(1) Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia bermuatan multirepresentasi pada materi hidrokarbon untuk SMA/MA. Jenis penelitian yakni penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four -D model) yang diadaptasi dari Thiagarajan. Tahapan model 4D meliputi tahap define (Pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini hanya dibatasi pada tahap develop (pengembangan). Kelayakan modul dapat ditinjau dari kriteria pada beberapa aspek yakni aspek kelayakan isi/materi, aspek kelayakan penyajian, aspek bahasa, aspek kegrafikaan, dan aspek multirepresentasi yang sesuai dengan komponen modul multirepresentasi, penilaian para ahli, dan respon siswa. Peninjauan produk dilakukan oleh dosen pembimbing, tiga peer reviewer, satu ahli materi, satu ahli media, lima guru kimia SMA/MA, dan sepuluh siswa. Pengambilan data menggunakan lembar angket validasi dan penilaian yang disusun menggunakan skala Likert serta lembar respon siswa yang disusun menggunakan skala Guttman. Hasil validasi dalam penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon bermuatan multirepresentasi untuk siswa SMA/MA layak digunakan sebagai sumber belajar. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil validasi dari ahli materi, ahli media, guru kimia SMA/MA, dan repon siswa untuk seluruh aspeknya yakni 73,2%, 91,7%, 91%, dan 91% dengan kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik.

Keywords

Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran, Multirepresentasi Kimia, Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, S., Chandra, E., & Undang, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations pada Materi Fluida Statis Terhadap kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 265-278.

Armiati, S. E., & Pahriah. (2015). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 3(2), 302-308.

Arimadona, S., & Silvina, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika berbasis Scientific approach dengan crossword puzzle. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 62-75.

Dudeliany, I, K, Mahardika, & Maryani. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran IPA- Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3).

Duwiri, Y. I., &Tiurlina, S. (2016). Pengembangan Modul Kimia Topik Sifat Larutan Asam Basa Kelas XI IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Siswa di SMA Negeri 1 Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal Ilmu pendidikan Indonesia, 4(1), 54- 65

Eky, V. E. C. I., Tika, N., & Muderawan, I. W. (2018). Analisis Model Mental Siswa Dalam Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Tentang Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(1), 15-21.

Fajaroh, S. S. N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing yang diperkaya dengan Augmented Reality pada Materi Alkan XI SMA/MA. Skripsi Jurusan Kimia.

Habibah, U. N., & Mitarlis. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif pada Materi Hidrokarbon. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 9-15.

Khotim, H. N., Siti, N., & Subiyanto, H. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa. Journal Chemistry in Education,4(2), 63-69.

Kristin, N., Astuti, A. P., & Wulandari, A. V. D. R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Materi Hidrokarbon (Study Kasus SMA Negeri di Semarang). Seminar Nasional Edusainstek. 348-356.

Lathifah, N. H., Muhammad, K., & Rusmansyah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Hidrokarbon Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Journal of Chemistry and Education, 3(1), 1-9.

Marisa & Lisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Stikes Perintis Padang. Jurnal Ta’dib, 21(2), 113-119.

Mawaridah, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5E-scaffolding Pada Materi Senyawa Hidrokarbon terhadap hasil Belajar Kognitif Siswa dan Motivasi Dengan Kemampuan Awal Berbeda. Skripsi Mahasiswa UM.

Nurlaila. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Animasi dengan Pendekatan Submikroskopik Pada Pembelajaran Ikatan Kimia di Kelas X IPA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 60-63.

Nurpratami, H., Ida. F. C., & Imelda, H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Prosiding SImposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. 353-356.

Permendikbud. (2016). No, 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetya, F.B, Subandi, dan Munzil. (2017). Pengaruh Representasi Mikroskopik dinamik dan Statik Melalui Strategi React terhadap Hasil belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Materi Elektrokimia. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2).

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Siti, M. (2019). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Kelas XI MIA Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan. Skripsi Jurusan Kimia.

Sopandi, dkk. (2008). Penjelasan Level Mikroskopik dalam Buku Teks Kimia. Makalah disajikan pada Seminar Internasional 2 Pendidikan IPA.

Supriyadi, G. (2001). Modul Diklat Prajabatan Golongan III: “Etika Birokrasiâ€. Jakarta: LAN RI

Talalanquer, V. (2011). Macro, Submicro, and Symbolic: The Man Faces of The Chemistry Triplet. International Journal of Science Education, 33(2), 179-195.

Treagust, D. F., Chittleborough, G., & Mamiala, T. L. (2003). The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. International Journal of Science Education, 25(11), 1353-1368.

Utami, M. M. I. P., & Fitria, F. H. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Memberi Nama Senyawa Hidrokarbon Jenuh dan Tak Jenuh. Seminar Nasional Edusainstek. 320- 326.

Wahyuni, M. H., & Hardeli. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi Chemistry Triangle Pada Materi Sistem Koloid Untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/ MA. Universitas Negeri Padang. 162-171.

Widarti, H. R., Sigit, D., & Irianti, D. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Interkoneksi Multi Representasi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pembelajaran Kimia, 5(1), 40-46.

Witari, M. R., Usman, R., & Sri, H. (2019). The Application of Active Learning Strategy Type of Card Sort to Improve Students Learning Achievement on the Subject of Hydrocarbon in Class X SMA N 5 Pekanbaru. Journal Department of Cemistry Education, 1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.