Analisis Kemampuan Metakognisi Peserta Didik pada Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PjBL Materi Elektrolit dan Nonelektrolit

Ria Yasinta(1), Sri Haryani(2), Sri Susilogati Sumarti(3), Harjono Harjono(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan LKPD berbasis PjBL terhadap kemampuan metakognisi peserta didik dalam bahan kimia larutan elektrolit dan nonelektrolit. Sebuah desain pretest-posttest satu kelompok (one-group pretest-posttest design) digunakan dalam penyelidikan eksperimental penelitian ini. Wawancara, tes, angket, dan dokumentasi semuanya digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil Penerapan Kerja Peserta Didik berbasis project based learning diperoleh data berupa nilai pretest dan postest yang diuji menggunakan uji t test berpasangan dan uji n-gain. Hasil uji t test diperoleh sig. 0,011 < 0,05. Hasil uji n-gain diperoleh nilai n-gain 0,4533 atau 45,33 % pada kategori sedang.Hasil kedua uji menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan metakognisi peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis PjBL. Hasil analisis angket tanggapan peserta didik menyatakan 32,38% sangat setuju, 61,90% setuju, 3,33% kurang setuju, dan 2,38% tidak setuju pada penggunaan LKPD berbasis PjBL. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan dengan adanya penggunaan LKPD berbasis PjBL berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Keywords

lembar kerja; pembelajaran proyek; kemampuan metakognisi

Full Text:

PDF

References

Amanda, M., Haryani, S., Mahatmanti, F. W., & Marsini. 2020. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1):2468 – 2478.

Fakhrudin, M., Gunawan, Y. P., Iwan, R., & Agita, R. H. 2008. Pengembangan Model Pengelolaan Daerah Air Sungai Bangor. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Fitriana, M., & Haryani, S. 2016. Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1):1702–1711.

Fitriyani, D., Rahmawati, Y., & Yusmaniar, Y. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan 8E Learning Cycle. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1):30–40.

Haryani, S. 2012. Pembelajaran Praktikum Kimia Analitik Berbasis Masalah. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Hertiana, D. S., Haryani, S., & Wijayanti, N. 2018. Pengaruh Penggunaan Modul Kimia Redoks terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa. Chemistry in Education, 7(1):32–38.

Khikmah, R. I., & Astuti, A. P. 2019. Analisis keterampilas generik sains pada pembelajaran kimia (studi kasus di sma kota semarang). Seminar Nasional Edusainstek, 440–450.

Lawe, Y. U. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(1):26.

Lidia, R., & Nugroho, S. E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7(2).

Magno, C. 2010. The role of metacognitive skills in developing critical thinking. Metacognition Learning, 5(1): 137–156.

Mahfuzah, A., & Ramdiah, S. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin 1,2). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 7(1):1–6.

Muhaimin, Bakar, A., & Ramadhan, A. A. 2016. Pengembangan LKPD IPA Berbasis Multimedia Untuk Program Kokurikuler Materi Hujan Asam Pada Siswa Kelas VII SMP N 5 Kota Jambi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(2):25–38.

Nainggolan, D. A. Y., & Simanjuntak, E. 2020. Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Metakognitif pada Materi Pola Bilangan. Universitas Negeri Medan, 1(1):1–12.

Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., & Afgani, M. W. 2019. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1):135.

Sularmi, Utomo1, D. H., & Ruja, I. N. 2018. Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(4):475–479.

Sumarni, S., Wijayanti, N., & Supanti, S. 2019. Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran berbasis Proyek Berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1):18–30.

Tsybulsky, D., & Muchnik-Rozanov, Y. 2019. The development of student-teachers’ professional identity while team-teaching science classes using a project-based learning approach: A multi-level analysis. Teaching and Teacher Education, 79:48–59.

Van Velzen, J. 2015. Advancing Learning by Developing General Knowledge of the Learning Process. Amsterdam:Springer International Publishing Switzerland.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.