Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi

Vika Yuliana(1), Jimmi Copriady(2), Maria Erna(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau

Abstract

Liveworksheets on the Reaction Rate Material. The resulting interactive chemistry e-module has several advantages, namely learning becomes more interesting, easy to access anywhere by using the Internet smartphone and laptops, as innovative teaching materials during the pandemic, the assessment of student work is automatically corrected on the e-module, and there is a feedback page that provides user security in accessing the e-module. This type of research is a development research (R&D) using the ADDIE model. The ADDIE development model is divided into 5 phases, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This research was carried out until the small-scale implementation stage, namely the limited trial stage. The assessment to test the e-module validation results involved three expert validators consisting of two material expert validators and one media expert validator, while the trial phase involved three teacher respondents and 20 student respondents from SMA Negeri 1 Tanah Merah and MAN 2 Indragiri Hilir. Obtaining average results from e-module validation on aspects of material substance, learning design, display, and utilization software of 97.70% with a very valid category. The average result obtained from the user's response to the attractiveness and practicality aspects is 94.85% with a very good category. The conclusion of the research conducted is an interactive chemistry e-module based on a scientific approach using liveworksheets the reaction rate material that has been developed is very valid based on aspects of material substance, learning design, display and utilization software as well as practical by teachers and interesting by students when used in chemistry learning.

 

Key words: E-Modules, Liveworksheets, Reaction Rates, Scientific Approach.

Abstrak

             Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi. E-Modul kimia interaktif yang dihasilkan memiliki beberapa kelebihan yakni pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah diakses dimana saja dengan menggunakan smartphone maupun laptop, sebagai bahan ajar yang inovatif dimasa pandemi, penilaian hasil kerja peserta didik terkoreksi otomatis pada e-modul, serta terdapat laman umpan balik yang memberikan keamanan pengguna dalam mengakses e-modul. Jenis Penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terbagi menjadi 5 fase, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan sampai tahap implementasi skala kecil yaitu tahap uji coba terbatas. Penilaian untuk menguji hasil validasi e-modul melibatkan tiga validator ahli yang terdiri dari dua validator ahli materi dan satu validator ahli media, sedangkan tahap uji coba melibatkan tiga responden guru dan 20 responden peserta didik dari SMA Negeri 1 Tanah Merah dan MAN 2 Indragiri Hilir. Perolehan hasil rata-rata dari validasi e-modul pada aspek substansi materi, desain pembelajaran, tampilan, dan pemanfaatan software sebesar 97.70% dengan kategori sangat valid. Perolehan hasil rata-rata dari respon pengguna pada aspek kemenarikan dan kepraktisan adalah 94.85% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah e-modul kimia interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan liveworksheets pada materi laju reaksi yang telah dikembangkan sangat valid berdasarkan aspek subtansi materi, desain pembelajaran, tampilan dan pemanfaatan software serta praktis oleh guru dan menarik oleh peserta didik saat digunakan dalam pembelajaran kimia.

 

Kata kunci: E-Modul, Laju Reaksi, Liveworksheets, Pendekatan Saintifik.



Keywords

Key words: E-Modules, Liveworksheets, Reaction Rates, Scientific Approach.

Full Text:

PDF

References

Referensi

Asmiyunda, G., & Fajriah, A. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2 (2), 155-161.

Branch, R. M., (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Athens: Springer.

Damianti, O., Mawardi, & Oktavia, B. (2019). Development of Guided Inquiry-Based Worksheets on Colloidal Material for Chemistry Learning Grade XI in Senior High School. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 14 (1), 13-19.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kean, E., & Middlecamp, C. (1994). A Survival Manual for General Chemistry. Jakarta: Gramedia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020. No 719/.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Atas.

Khery, Y., Masjudin, Muzaki, A., Nufida, B. A., Lesnawati, Y., Rahayu, S. & Setiawan, N. C. E. (2020). Mobile-nature of Science Model of Learning for Supporting Student Perfomance on General Chemistry Classroom. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14 (12), 122-137.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature/ILE&E, 3 (1), 26-34.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Media Group.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3 (2), 59-72.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT. Rajagrindo Persada.

Setiawan, N. C. E., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Memfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Pendidikan Kimia, 8 (2), 107.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, T., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 6 (2), 1340-1347.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zulkarnain, A., Karaditna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis Web dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1), 222-235.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.