Pengembangan E-Learning Menggunakan Aplikasi Moodle sebagai Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA

Rezki Fabilla Dandulana(1), Erviyenni Erviyenni(2), Susilawati Susilawati(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh di sekolah akibat dampak penyebaran virus covid-19 di Indonesia menjadi tantangan baru bagi dunia pendidikan demi mencapai pembelajaran yang efektif tidak hanya bagi guru tapi juga peserta didik. Banyak sekolah yang beralih dari penggunaan media pembelajaran konvensional menjadi media pembelajaran berbasis IT, sebagaimana langkah untuk mencapai pembelajaran yang optimal dalam menyajikan sumber pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning menggunakan aplikasi berbasis website bernama Moodle untuk materi Kesetimbangan Kimia pada kelas XI SMA yang valid berdasarkan aspek rekayasa perangkat lunak, aspek desain pembelajaran, dan aspek komunikasi audio visual, serta mengetahui respons guru dan peserta didik. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model penelitian Plomp. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain (1) hasil validasi oleh validator terhadap produk mencakup aspek desain pembelajaran, rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi audio visual memperoleh hasil berturut-turut sebesar 95%, 96%, dan 94% dengan kategori masing-masing dinyatakan valid. (2) Respons pengguna yang terdiri dari respons guru sebesar 94% dan respons peserta didik sebesar 94% dengan kriteria respons sangat baik.

Keywords

Covid-19, E-Learning, Moodle, Pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References

Amiroh. 2012. Membangun E-learning dengan Learning Management System Moodle. Berkah Mandiri Global Indo. Sidoarjo.

Atsani, K. L. G. M. Z. 2020. Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Febliza, A., & Okatariani, O. 2020. The Development of Online Learning Media by Using Moodle for General Chemistry Subject. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 40-47.

Marasmita, D. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Nogosari. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Nuriyanti, Desinta Dwi. 2013. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak di SMA. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Rahmadayani, S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 3 Meulaboh. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry. Banda Aceh.

Rahmi, Mayangsari Nikmatur, M. Agus Samsudi. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Seusai dengan Karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No. 2. Universitas Muhammadiyah. Enrekang.

Rice, W. 2015. Moodle e-learning course development. Packt Publishing Ltd.

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Alfabeta. Bandung

Senza, Arsendy. Adam, George Sukoco dan Purba, Rasita Ekawati. 2020. The Conversation Indonesia “Riset Dampak Covid-19: Potret Gap Akses Online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 Provinsi”. 0https://theconversation.com/risetdampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534 (diakses 19 Juli 2020).

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

T. Plomp, & N. Nieveen. 2013. Educational Design Research Part A: An Introduction. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)

Yamasari, Yuni. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. (Diakses 21 Februari 2020)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.