Tanggapan Peserta Didik Terhadap Model Pembelajaran Daring dan Luring Selama Masa Pemulihan Pembelajaran

Sonny Rohimat(1),


(1) SMA Negeri 6 Kota Serang

Abstract

Adanya berbagai perubahan kebijakan bidang Pendidikan seiring perkembangan wabah covid-19, satuan pendidikan harus menyesuaikan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap moda pembelajaran yang cocok untuk berbagai proses pembelajaran yang pernah dilaksanakan pada mata pelajaran kimia. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode survei. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada survei ini berkaitan dengan pendapat peserta didik tentang moda pembelajaran yang sesuai untuk masing-masing proses pembelajaran. Hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa ada proses pembelajaran yang dianggap cocok menggunakan moda daring dan ada juga yang dianggap cocok menggunakan moda luring. Proses pembelajaran yang dianggap cocok menggunakan moda daring adalah penilaian atau pengumpulan tugas, sedangkan yang dianggap cocok menggunakan moda luring diskusi atau penjelasan materi pembelajaran, serta pembelajaran eksperimen. Adapun untuk pembagian bahan ajar, lembar kerja, dan penugasan; peserta didik yang memilih daring dan luring jumlahnya hampir sama.

Keywords

model pembelajaran; masa pemulihan pembelajaran; pembelajaran kimia; pembelajaran tatap muka terbatas

Full Text:

PDF

References

Andini, N. A., Dewi, S. E., & Supangat. (2021). Implementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1013-1019. doi:http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i5.2021.1013-1019

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. 3, pp. 409-413. Serang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9961

Ardiansyah, M. (2021). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi). 5, pp. 851-857. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. doi:https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5082

Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/1070/333

Hasmara, P. S., & Dianto, C. D. (2022). Perbedaan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PJOK saat Pembelajaran Daring dan Luring. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(1), 16-24. Retrieved from http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/142/199

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. (2022, Februari 2). Surat Edaran Mendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta, Jakarta, Indonesia.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi; Kementerian Agama; Kementerian Kesehatan; Kementerian Dalam Negeri. (2021, Maret 30). Keputusan Bersama Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Jakarta, Indonesia.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi; Kementerian Agama; Kementerian Kesehatan; Kementerian Dalam Negeri. (2022, April 22). Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Jakarta, Indonesia.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90-97. Retrieved from https://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/article/view/2088/991

Salsabila, U. H., Melania, A., Jannah, A. M., Arni, I. H., & Fatwa, B. (2020). Peralihan Transformasi Media Pembelajaran dari Luring ke Daring dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 198-216. doi:http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.198-216

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.