Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry dalam Mengintegrasikan Ilmu Kimia dengan Al-Qur’an dan Hadist

Mujakir Mujakir(1), Fatma Zahra(2), Nurhaliza Nurhaliza(3), Ira Susanti(4),


(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
(3) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
(4) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Abstract

Integrasi merupakan proses menghubungkan dua subjek ilmu. Integrasi memiliki konsep yang dimulai dari pemikiran, keyakinan dan pemahaman. Integrasi dilakukan untuk menggabungkan bidang-bidang ilmu seperti ilmu kimia dengan Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa pendidikan kimia UIN Ar-Raniry dalam mengintegrasikan ilmu kimia dengan Al-Qur’an dan Hadist. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini sebesar 35 mahasiswa. Sampel adalah mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2019 yang sudah menyelesaikan mata kuliah Dasar-Dasar Sains Islam. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner berskala likert kepada responden dengan mengisi pernyataan yang tersedia melalui google form dan link yang diberikan kepada Mahasiswa sebagai responden. Penelitian dilaksanakan di prodi pendidikan kimia FTK UIN Ar-Raniry. Kemampuan mahasiswa pendidikan kimia dalam mengintegrasikan ilmu kimia dengan Al-Qur’an dan Hadist memperoleh data dengan persentase sebanyak 70,2 % mahasiswa yang mampu mengintegrasikan kajian ikatan kimia, 75,6% mampu pada kajian enzim, 75,8 % mampu pada kajian kekuatan besi, 80% mampu dalam kajian air dan 76% mampu pada kajian wujud zat. Hasil persentase yang telah diperoleh pada setiap materi dalam mata kuliah Dasar-Dasar Sains Islam dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa lebih mampu dalam mengintegrasikan kajian air dengan Al-Qur’an dan Hadist. Secara keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan ilmu kimia diperoleh rata-rata persentase sebanyak 75,52 %, dengan demikian kemampuan mahasiswa dapat dikategorikan ke dalam kriteria yang baik.

Kata Kunci: 

Integrasi

Kemampuan Mahasiswa

Al-Quran

Hadist

Ilmu Kimia

Full Text:

PDF

References

Aditya Wardhana, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Ambar Kusumaningrum, Ida B & Made Mahaputra. 2019. Optimasi Suhu dan pH Terhadap Aktivitas Enzim Endoglukanase Menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(2): 244.

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 4(2): 81-88.

Eko Budi Minarno. 2017. Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIK).

Edi Suwandi, Fitri Irmansyah & Dasril. 2019. Analisis Tingkat kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 1(1): 4.

Eko Radiko, Yudi Kurniawan & Riski Muliyani. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2): 53.

Fuad Pasya Ahmad. 2006. Dimensi Sains Al-Qur’an. Solo: Tiga Serangkai.

Inelda Yulita. 2018. Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Kemampuan Menghubungkan Konteks Air Laut dengan Konten Hakikat Ilmu Kimia Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1): 70-71.

Isti Faniyah dan Ahmad Fauzan H. 2021. Kajian Logam Dalam Al-Qur’an dan Korelasinya pada Konsep Pemikiran Jabir bin Hayyan. Jurnal al-Kimiya, 8(1): 21.

Kementrian Agama RI. 2010. Penciptaan Bumi dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Kurniasari, Desy, Noor Indah S., dan Arghob Khofya H. 2019. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Reaksi Redoks dan Elektrokimia Terhadap Rahasia Kekuatan Benteng Besi Zurkarnain. Walisongo Journal of Chemistry, 2(1): 2-3.

Kurniawan, Syamsul. 2019. Perspektif Umat Islam Tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 1(1): 86.

Lubis, M. A. 2015. Effective Implementation of the Integrated Islamic Education. GJAT Journal, 5(1); 59-67.

Malik Yakub, Zulfadli, dan Latifah Hanum. 2017. Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK). 2(1):19-26.

Mimi herman. 2021. Integrasi dan Interkoneksi Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadist dengan Ikatan Kimia. Jurnal Education and Development, 9(2): 318.

Muhammad Sulaiman. 2020. Integrasi Agama Islam dan Ilmu Sains dalam Pembelajaran. Pancawahana Jurnal Studi Islam. 15(1):96-109

Nazarni. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA-4 Materi Enzim dan Metabolisme Sel Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Talking Stik Pada SMA Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(8): 1413.

Nurhafizah, Husna Amalya Melati & Rahmat R. 2018. Deskripsi Pemahaman Konsep Materi dan Perubahannya Siswa Kelas X SMK SMTI Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelejaran, 7(9): 6.

Rusli Hidayah, Dina Kartika. 2018. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Anorganik yang Disertai dengan Material Safety Data Sheet. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(1): 3.

Sawaluddin dan Sainab. 2018. Air dalam Perspektif dalam Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2): 109-122.

Tety Sudiyarti, dkk. Besi Dalam Al-Qur’an dan Sains Kimia (Analisis Teoritis dan Praktis Mengenai Besi dan Upaya Mengatasi Korosi Pada Besi). Jurnal Al-Kimiya, 5(1):7-16.

Turiman. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Agam Islam Terintegrasi Sains untuk Kelas VIIA SMPN 38 Seluma. Jurnal Al-Bathsu, 3(2): 237.

Wiwit Zahrotul Wahdan, Oktavia S, dan Dedek S. 2017. Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat I. Jurnal Pembelajaran Kimia, 2(2): 33.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.