Pengmbangan Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA

Mizzan Ayubi(1), Effendi Nawawi(2), Sofia Sofia(3),


(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan butir-butir soal berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) dalam bentuk uraian dengan materi sel Volta pada kelas XII SMA/MA. Pengembangan butir soal dilakukan untuk menghasilkan butir soal yang valid, reliabel. Pada pengembangan butir soal menggunakan model pengembangan yaitu Mc. Intire. Data pada penelitian pengembangan dapat dilakukan dengan menggunakan validasi para rater serta hasil tes. Hasil yang dilakukan berdasarkan dari rater dapat dinyatakan bahwa butir soal layak uji dengan melihat nilai rata-rata dari validitas yaitu 0,727 sehingga termasuk dalam kategori tinggi dengan melihat aspek-aspek yaitu dari aspek materi, kontruksi serta bahasa. Berdasarkan perhitungan hasil dengan menghasilkan 10 butir soal dengan materi sel Volta kelas XII SMA/MA yang valid dengan nilai rata-rata dari tingkat kesukaran 0,466 termasuk dalam kategori (sedang), rata-rata dari daya pembeda 0,492 termasuk dalam kategori (baik), rata-rata dari validitas 0,559 termasuk dalam kategori (cukup), serta rata-rata reliabilitas 0,720 termasuk dalam kategori (tinggi).

 

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, soal kimia, berpikir tingkat tinggi.

Full Text:

PDF

References

Agustiana, J. & Miterianifa. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1): 91-98.

Arikunto, S. (2006). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Eduthecnologica, 3(2), 136–144.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Brookfield, S. D. 2005. The Power of Critical Theory for Adult Learning and Teaching. The Adult Learner, 85.

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.

Dewi, R., & Azizah, U. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 332– 339

Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Kosim, K. (2019). Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 118–123.

Mujib, M. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills): KIMIA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383.

Paul, R. W., Elder, L., & Bartell, T. 1997. California Teacher Preparation for Instruction in Critical Thinking: Research Findings and Policy Recommendations.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 74–84.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Tira Smart.

Sari, A. K. & Trisnawati, W. W. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics:

Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2): 455-466.

Thomas, G., & Thorne, A. (2009). How To Increase Higher Level Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning, 2009, 1–17.

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.