Analisis Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Tes TTMC dan TwTMC dengan Model Problem-Based Learning
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0 | Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Pascasarjana UNNES, 2(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/372
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–6.
Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1308
Purnama, R. D., Mawardi, M., & Fadhilah, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa 1 Man 2 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 4(2). https://doi.org/10.29406/arz.v4i2.683
Sansom, R. L., Suh, E., & Plummer, K. J. (2019). Decision-Based Learning: ″if i Just Knew Which Equation to Use, i Know i Could Solve This Problem!″. Journal of Chemical Education, 96(3), 445–454. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.8b00754
Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Usha Adiga and Sachidananda Adiga. (2015). REVIEW ARTICLE * Usha Adiga and Sachidananda Adiga Department of Biochemistry , Karwar Institute of Medical Sciences , Karwar , Karnataka , India. 7(6).
Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391–399. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1271
Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di Sma Negeri 1 Sungai Ambawang. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2), 287–297. https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.641
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0 | Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Pascasarjana UNNES, 2(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/372
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–6.
Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1308
Purnama, R. D., Mawardi, M., & Fadhilah, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas Xi Ipa 1 Man 2 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 4(2). https://doi.org/10.29406/arz.v4i2.683
Sansom, R. L., Suh, E., & Plummer, K. J. (2019). Decision-Based Learning: ″if i Just Knew Which Equation to Use, i Know i Could Solve This Problem!″. Journal of Chemical Education, 96(3), 445–454. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.8b00754
Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Usha Adiga and Sachidananda Adiga. (2015). REVIEW ARTICLE * Usha Adiga and Sachidananda Adiga Department of Biochemistry , Karwar Institute of Medical Sciences , Karwar , Karnataka , India. 7(6).
Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391–399. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1271
Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di Sma Negeri 1 Sungai Ambawang. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2), 287–297. https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.641
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.