E-LKPD Interaktif Berbasis Multipel Representasi pada Materi Laju Reaksi

Yunita Puspita Sari(1), Ifah Silfianah(2),


(1) Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Materi laju reaksi perlu disajikan dalam bentuk multipel representasi yang memuat level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tetapi, selama ini bahan ajar yang ada di sekolah hanya menyajikan gambar submikroskopik tanpa adanya pergerakan nyata dari molekul yang saling bereaksi. Padahal, jika terdapat e-LKPD interaktif yang memuat konten video dari pergerakan molekul, peserta didik akan mudah memahaminya. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan produk e-LKPD interaktif berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi yang valid, layak, dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan 4D (define, design, development, disseminate) tanpa adanya proses disseminate. Subjek penelitian yaitu sebanyak 29 peserta didik kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Ngunut. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian yaitu (1) sangat valid dengan persentase sebesar 86,02% dari ahli materi, (2) sangat valid dengan persentase sebesar 86,73% dari ahli media, dan (3) respon peserta didik dengan persntase 83,96% dengan kategori baik.

Keywords

e-LKPD Interaktif; Multipel Representasi; Laju Reaksi

Full Text:

PDF

References

Agustha, A., Susilawati, & Haryati, S. (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ACROBAT 11 PRO EXTENDED PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM UNTUK KELAS XI SMA / MA SEDERAJAT. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 3(1), 28–42.

Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67–80.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arsyka, A. T. Z. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi Pada Pembelajaran Flipped Clasroom Materi Laju Reaksi. In Skripsi.

Head, M. L., Yoder, K., Genton, E., & Sumperl, J. (2017). A quantitative method to determine preservice chemistry teachers’ perceptions of chemical representations. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 1–18. https://doi.org/10.1039/C7RP00109F

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 104–108.

Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 172–174.

Hurrahma, M., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbasis Liveworksheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 5 Padang. 4(1), 14–22. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.193

Johnstone, A. (1991). Why is chemistry difficult to learn? things are seldom what they seem. Journal of Computer Assisted Learning, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.1991.tb00230.x

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Lin, Y. I., Son, J. Y., & Rudd, J. A. (2016). Asymmetric translation between multiple representations in chemistry. International Journal of Science Education, 38(4), 644–662. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1144945

Ni Made Ary Suparwati. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 341–348.

Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1–12.

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Using Liveworksheet with Web-Based Applications to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendiidkan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Prain, V., & Waldrip, B. (2006). An exploratory study of teachers’ and students’ use of multi-modal representations of concepts in primary science. International Journal of Science Education, 28(15), 1843–1866. https://doi.org/10.1080/09500690600718294

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Cetakan 8). Diva Press.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.

Safitri, N. C., Nursaadah, E., & Wijayanti, I. E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(1), 1.

Santos, V. C., & Arroio, A. (2016). The representational levels: Influences and contributions to research in chemical education. Journal of Turkish Science Education, 13(1), 3–18. https://doi.org/10.12973/tused.10153a

Stojanovska, M., M. Petruševski, V., & Šoptrajanov, B. (2014). Study of the Use of the Three Levels of Thinking and Representation. Original Scientific Paper, 35(1), 37–46.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.

Sukmawati, W. (2019). Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2).

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Journal of School Psychology (Vol. 14, Nomor 1, hal. 75). University of Minnesota. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Vogt, A., Klepsch, M., Baetge, I., & Seufert, T. (2020). Learning From Multiple Representations: Prior Knowledge Moderates the Beneficial Effects of Signals and Abstract Graphics. Frontiers in Psychology, 11(December), 1–11. https://doi.org/10.3389/2Ffpsyg.2020.601125

Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). PENGEMBANGAN E- LKPD INTERAKTIF HUKUM NEWTON BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SMA. 10(2), 72–80.

Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3), 364.

Winarni, Kurniawan, R. A., & Fadhilah, R. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Laju Reaksi di SMA Panca Bhakti Pontianak. jurnal Pendidikan, 7(1), 1–12.

Yuliana, D., Rudibyani, R. B., & Evkar, T. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 1–13.

Yunus, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Adobe Animate CC pada Materi Fluida Dinamis. In Repo UIN Satu Tulungagung. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.