Pengembangan E-Modul Ajar Kimia Hijau Bermuatan Etno-STEM Berbasis Guided Inquiry untuk Membekali Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Rahma Annisa Izzania(1), Woro Sumarni(2), Harjono Harjono(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul ajar berbasis guided inquiry bermuatan etno-STEM, mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan e-modul ajar menggunakan model 4D (define, design, development, disseminate) yang dibatasi sampai tahap ke 3. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 KUDUS kelas X tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada uji coba skala kecil dan 72 siswa untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar angket respon, dan instrumen tes berpikir kritis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) tingkat kelayakan e-modul ajar berbasis guided inquiry bermuatan etno-STEM pada materi kimia hijau pada aspek materi 94% dalam kategori “sangat valid” dan pada aspek media 95% dengan kategori “sangat valid”, (2) hasil respon siswa yaitu sebesar 85%  yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, (3) e-modul ajar efektif dalam membekali kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords

E-Modul Ajar Etno-STEM Guided Inquiry Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References

Ariyatun, A. 2021. Analysis of ethno-STEM integrated project based learning on students’ critical and creative thinking skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(1), 35–44.

Che, F. S. 2002. Teaching critical thinking skills in a Hong Kong secondary school. Asia 110 Pacific Education Review, 3(1), 108–114.

Ennis, R. H. 2011. The nature of critical thinking: an outline of critical thinking disposition and abilities. last revised. Emeritus Proffessor.

Ginanjar, G., Hendrayana, Y., & Juliantine, T. 2021. Pengaruh pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) melalui aktivitas fisik terhadap active lifestyle dan motivasi belajar. Jurnal Ilmu Kelahragaan, 20(2), 197–204.

Hadiyanti, A. H. D. 2021. Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291.

Herwanti, K. 2021. Upaya meningkatkan hasil belajar kimia pada materi sel elektrokimia dengan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan STEM kelas XII MIPA 5 SMA Negeri Salatiga Tahun 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 1(1):39-53

Kemendikbud. 2022. Modul ajar. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010317055769-Contoh-Modul-Ajar. diakses pada 1 Juli 2023.

Leicester, M., & Taylor, D. 2010. Critical thinking across the curriculum. McGraw Hill : Open University Press.

Muttaqiin, A., Murtiani, M., & Yulkifli, Y. 2021. Is integrated science book with ethno-STEM approach needed by secondary school students?. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1):1-9

Muliani, K.D., & Wibawa, M. C. 2019. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114.

Nastiti, F. E., & Ni’mal, A. R. 2020. Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0, 5(1):61-66.

Nosich, G. 2009. Learning to think things through a guide to critical thinking across the curriculum. Pearson Prentice Hall.

Nurwahidah, C. D. & Zaharah, I. S. 2021. Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rusyan Fikr, 17(1):118-125.

OECD. 2015. PISA 2015. Result in Focus. Paris : OECD Publishing.

Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. 2021. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnosains pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1):2717–2730.

Prastowo, A. 2015. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253.

Samura, A. O. 2019. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28.

Septiani, D., & Susanti, S. 2021. Urgensi pembelajaran inkuiri di abad ke 21: kajian literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1):126-130

Sudarmin, S., Sumarni, W., Sri Endang, P., & Sri Susilogati, S. 2019. Implementing the model of project-based learning : integrated with ethno-STEM to develop students’ entrepreneurial characters. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1):1-7

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sumarni, W. 2018. Etnosains dalam pembelajaran kimia: prinsip, pengembangan dan implementasinya. Semarang : UNNES Press.

Thiagarajan. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children. Blomingtoon : Indiana University.

Wahyudi, A., Dwi A. Y., Rochaendi, E., & Apriyanti. 2021. The position of critical thinking and creative thinking in science education. Jurnal Zarah, 9(1):8–14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.