Modul Etnokimia Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatih Kreativitas

Ainuz Zahroh Asna(1), Woro Sumarni(2), Edy Cahyono(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul Etnokimia Terintegrasi Nilai Islami Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatih Kreativitas. Pengembangan modul ini didasari pada fakta bahwa belum banyak modul pembelajaran kimia yang dapat memfasilitasi penerapan kurikulum merdeka sekaligus dapat menguatkan nilai-nilai Islami, terutama untuk sekolah di bawah naungan kementerian agama. Penelitian ini mengambil fokus materi kimia hijau dan struktur atom, dan dikaitkan dengan budaya-budaya di daerah Pati, Jawa Tengah. Selain itu, materi di dalam modul juga dihubungkan dengan nilai-nilai Islami sehingga siswa Madrasah Aliyah (MA) menjadi lebih tertarik untuk mempelajari kimia. Hasil validitas modul oleh ahli media memberikan simpulan sangat valid, artinya modul layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil ujicoba skala kecil juga menunjukan bahwa modul etnikimia terintegrasi nilai Islami pada penelitian ini dapat melatih dan meningkatkan kretivitas siswa dalam belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.