Pengembangan Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice berbantuan Google Form untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Stoikiometri

Feby Fitriani(1), Sigit Priatmoko(2), Sri Wardani(3), Sri Nurhayati(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Berpikir kritis tidak hanya dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran tetapi juga dapat ditingkatkan memalui alat evaluasi yant tepat, sehingga peneliti mengembangkan instrumen three-tier berbantu google form untuk dapat mengukur ketrampilan berpikir kritis peserta didik pada materi stoikiometri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model tipe formative research Tessmer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganyar Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data: validasi ahli, analisis soal (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda), analisis profil berpikir kritis, analisis angket respons peserta didik. Hasil menunjukan: validasi ahli 96,75%, validitas butir soal 0,7, reliabilitas 0,89, tingkat kesukaran sedang, dan memiliki daya pembeda yang baik, serta respon positif 76% terhadap instrumen tes. Hasil ketercapaian berpikir kritis peserta didik pada materi stoikiometri yaitu sebanyak 17% dengan kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil yang diperoleh instrumen memiliki karakteristik yang baik, maka instrumen tes three-tier multiple choice berbantu google form layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis.

Keywords

three-tier critical thinking google form stoichiometry

Full Text:

PDF

References

A’yun, Q., Harjito, & Nuswowati, M. 2018. “Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certanity of Response Index)”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12 (1): 2108–2117.

Ahmad, L. F. 2022. “Studi Literatur: Analisis Permasalahan Pembelajaran Kimia SMA Pada Materi Stoikiometri.” Jurnal Kajian Pendidikan IPA 2 (1): 117.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Evangelista, E., Ariani, S. R. D., & Hastuti, B. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Purwodadi pada Materi Stoikiometri dengan Instrumen Teslet pada Pembelajaran Jarak jauh.” Jurnal Pendidikan Kimia 11 (2).

Facione, P. A. (2015). “Permission to Reprint for Non-Commercial Uses Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.” Insight Assessment 5 (1): 1–30.

Fajriani, G. N., Sopandi, W., & Kadarohman, A. 2019. “Miskonsepsi Siswa Yang Menggunakan Teks Perubahan Konseptual Mengenai Hukum-Hukum Dasar Kimia.” Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia 3 (1): 30–41.

Irfiana, A., & Sumarni, W. 2022. “Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa.” Chemistry in Education 11 (2): 101–110.

Jamaluddin, Jufri, A. W., Muhlis, & Bahtiar, I. 2020. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pijar MIPA 15 (1): 13–19.

Kurnianto, D., H, E. S. V, & Masykuri, M. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving disertai LKS pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X M-IPA 3 Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Kimia 9 (1): 11–18.

Mendikbudristek. 2022. “Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022.” In Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mendikbudristek. 2022. “Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.” In Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mukti, T. S., & Istiyono, E. 2018. “Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Kelas X.” BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi 11 (2): 107–112.

Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawanti, I. 2020. “Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4 (1): 86–96.

Nike Helmiati, Abudarin, A., & Fatah, A. H. 2021. “Penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia hasil pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Learning Cycle 5E pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2017/2018.” Journal of Environment and Management 2 (3): 212–217.

Noorarnie, A. M., Supardi, K. I., Sumarni, W., & Karnawan. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Stoikiometri Melalui Langkah Polya.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13 (2): 2414–2424.

Novianti, D., Mulyani, B., & VH, E. S. 2022. “Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Surakarta Pada Materi Hukum Dasar Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia 11 (1): 75–81.

Nurwahidah, I., Widiyawati, Y., Sari, D. S., Masykuri, M., & Budiyanto, C. W. 2020. “Development of Science Test to Measure HOTS and Digital Literacy of Junior High School Students on The Topic of City Noise.” EDUSAINS 12 (2): 203–213.

Oktariani, Febliza, A., & Fauziah, N. 2020. “Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Journal of Natural Science and Integration 3 (2): 114–127.

Pahrun, A. W., Sihaloho, M., Latief, S. A., Pikoli, M., Laliyo, L. A. R., Isa, I., & Thayban, T. 2023. “Analisis penguasaan konsep siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal kimia pada materi Konsep Mol.” Jambura Journal of Educational Chemistry 5 (1): 60–66.

Raabi, J., Musta, R., & Saefuddin. 2022. “Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three Tier Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Mata Pelajaran Kimia Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit.” Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo 7 (3): 155–166.

Rosyana, W., Ashadi, & Mulyani, S. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian Three-Tier Multiple Choice (Three- TMC) untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kimia Larutan Penyangga Kelas XI SMA.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 8 (1): 48–58.

Sudirman. 2021. “Identifikasi Pemahaman Materi Stoikiometri pada Mahasiswa Baru Pendidikan Kimia FKIP Udana.” Jurnal Beta Kimia 1 (1): 1–6.

Susetyo, B., Siswaningsih, W., & Oktavi, F. R. 2021. “Development of Critical Thinking Test Instruments with Problem Solving Context on The Salt Hydrolysis Material.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9 (2): 243–255.

Wibowo, M. A. A., & Munadi, S. 2020. “Critical Thinking Skills through Industrial Revolution 4.0 for Vocational Education.” VANOS: Journ

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.