Upaya Peningkatan Pengetahuan serta Sikap Siswa melalui Pengembangan LKPD PBL Terintegrasi Literasi Lingkungan

Meilinda Herawati(1), Murbangun Nuswowati(2), Endang Susilaningsih(3), Sri Nurhayati(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pandemi covid-19 telah membawa perubahan terutama dalam segi pendidikan sehingga diperlukan pembelajaran dengan media yang menarik dalam upaya peningkatan pengetahuan peserta didik. Media yang dapat dipakai adalah LKPD. Penelitian kali ini bertujuan mendesain LKPD dengan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi literasi lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan pada materi hidrolisis garam. Metode yang dipakai dalam penelitian ini berupa R&D dengan model 4D, Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek penelitian merupakan 33 siswa SMA N 3 Salatiga. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi LKPD, soal pretest posttest dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal, angket respon peserta didik, dan angket sikap. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas analisis kelayakan melalui hasil validasi dan respon kepraktisan, analisis keefektifan produk melalui uji N-gain, ketuntasan hasil belajar, dan ketercapaian sikap, serta keterkaitan antara LKPD dengan pengetahuan dan sikap melalui uji product moment menggunakan SPSS.  Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan LKPD yang telah didesain memenuhi beberapa kriteria (1) LKPD sangat valid dengan skor dari validator ahli masing-masing 114/116 dan 112/116 dan praktis terlihat melalui hasil angket respon peserta didik sebesar 91%, (2) efektif dalam meningkatkan pengetahuan dengan nilai N-gain 0,62 pada kategori sedang, ketuntasan belajar siswa 100% dan sikap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sebesar 91,35% pada kategori sangat peduli. Keterkaitan LKPD dengan pengetahuan dalam kategori kuat dengan perolehan pearson correlation 0,787, sedangkan keterkaitan LKPD dengan sikap pada kategori lemah dengan perolehan 0,372. Sehingga dapat dikatakan Lembar Kerja Peserta Didik model Problem Based Learning terintegrasi literasi lingkungan layak dan efektif digunakan dalam pembelajarn hidrolisis garam.

Keywords

Lembar Kerja Peserta Didik, Hidrolisis garam, Literasi lingkungan, Problem based learning

Full Text:

PDF PDF

References

Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Amalia, V. R., Zwagery, R. V, & Rusli, R. (2022). … Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Peserta Didik Sma Dalam Peralihan Pembelajaran Daring Ke Pembelajaran Luring. Jurnal Education and …, 10(3), 434–441. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4112%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4112/2643

Amtonis, J. S. (2022). E-Lkpd Dan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Koulutus, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i1.786

Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1120

Febrianti, E. A., & Haryani, S. (2020). Profil Metakognisi Peserta Didik Pada Pengembangan Instrumen Tes Pengukuran Metakognisi Teruji Produk Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 9(1), 53–59.

Febriasari, L. K., & Supriatna, N. (2017). Enhance Environmental Literacy through Problem Based Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012163

Hairida, & Setyaningrum, V. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.12358

Jawadiyah, A. A., & Muchlis. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 195–204.

Maulana, M. P., Solikhin, F., & Dewi, K. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Sman 3 Kota Bengkulu. Jurnal Zarah, 9(2), 75–82. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3110

Maulina, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 4(4), 52–58. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/16150

Pratama, A. Y., Marpaung, R. T. R., & Yolida, B. (2020). Pengaruh Literasi Lingkungan Terhadap Environmental Responsibility Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.07

Setiorini, T. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem-Based Learning pada Materi Kesetimbangan Ion dalam Larutan Garam (Hidrolisis). Variabel, 3(1), 12. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1715

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan ( The effect of problem based learning application towards junior high school students ’ environmental literacy on environmental pollution m. Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. file:///C:/Users/ACER/Downloads/23369-51243-2-PB.pdf

Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutahaean, E., Hutapea, F. M., & Alexander, I. J. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Bermediakan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kimiadan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 9(1), 18–26. https://doi.org/10.31957/jipi.v9i1.1558

Suryanti, D., Sinaga, P., & Surakusumah, W. (2018). Improvement of Students’ Environmental Literacy by Using Integrated Science Teaching Materials. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012031

Syafira, A., & Effendi, E. (2020). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics - Problem Based Learning) Pada Materi Hidrolisis Garam. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.56

Trianah, Y. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.

Utami, F. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Ekosistem. In Skripsi (Vol. 2, Issue 1). http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105–120. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4231

Yuningsih, R. (2022). Kebijakan Pelonggaran Persyaratan Perjalanan. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, XIV(6), 25–30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.