Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media QuizWhizzer dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Rahmi Nur Laeli(1), Kasmui Kasmui(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Ilmu kimia khususnya materi larutan penyangga mencakup banyak konsep abstrak yang membutuhkan pemahaman bertahap dan lebih mendalam. Oleh sebab itu, kemampuan memahami suatu konsep menjadi elemen yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 15 Semarang dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media QuizWhizzer pada materi larutan penyangga. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan quasi experimental dan desain nonequivalent control group. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel sehingga didapatkan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai pembelajaran berbasis masalah berbantuan media QuizWhizzer sedangkan kelas kontrol hanya pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis berupa pretest dan posttest, serta dokumentasi. Soal pretest dan posttest melewati beberapa pengujian seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda butir soal menggunakan analisis Rasch Model. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05.  Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen (0,67) lebih baik daripada kelas kontrol (0,56). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media QuizWhizzer pada materi larutan penyangga.

Keywords

Pembelajaran berbasis masalah; QuizWhizzer; Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References

Alfianistiawati, R., Istifayza, N., Prakris, M. A., Fitri, F. K., & Apriyadi, D. W. 2022. Implementasi Quizwhizzer sebagai Media Belajar Digital dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(7), 698–706.

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. 2018. Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.

Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. 2018. Analysis of the Level of Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1095, 1–6.

Audina, L., Rostikawati, T., & Gani, R. A. 2022. Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Berbasis QuizWhizzer Pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1996–2006.

Auliyani, A., Hanum, L., & Khaldun, I. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic test di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 55–64.

Faijah, N., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. 2022a. Efektivitas Penggunaan Game Edukasi QuizWhizzer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–123.

Faijah, N., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. 2022b. Students’ Responses to QuizWhizzer Educational Game to Strengthen Mathematical Concept Understanding Ability. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 4(2), 94–104.

Hamid, M. K. A., Ambikapathy, M., & Zanuddin, H. 2022. Gamification and Student Engagement During Covid-19: An Analysis of “Quizwhizzer” Application in Virtual Classes. SEARCH Journal of Media and Communication Research, 113–121.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Harahap, R. R. 2021. The Study of Effectiveness Cooperative Learning Model in Efl Classroom. Ellite (Journal of Education, Linguistics, Literature and Language Teaching), 4(2), 6–24.

Haryani, S., & Prasetya, T. A. 2021. Desain Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Kecakapan Abad 21. DIVA Press.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. 1999. Misconceptions and The Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299.

Jannah, R., Mahsul, A., & Mubarak, S. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 116–131.

Kharolinasari, R., Susatyo, E. B., & Sarwana. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Happy Chemist pada Materi Hidrolisis untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2547–2560.

Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.

Mernisa, M., & Djukri. 2018. The Influences of Outdoor Learning Process (OLP) on Conceptual Understanding and Environmental Concern: Implementations on the Ecosystem Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1–7).

Rusman. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211–230.

Salame, I. I., Ramirez, L., Nikolic, D., & Krauss, D. 2022. Investigating Students’ Difficulties and Approaches to Solving Buffer Related Problems. International Journal of Instruction, 15(1), 911–926.

Saleh, R. N. 2022. Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga di SMA Muhammadiyah Tasikmalaya. Jurnal Pakar Guru (Pembelajaran Dan Karya Guru), 2(2), 212–217.

Sumandya, I. W., & Saraswandewi, K. G. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan QuizWhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(1), 1–6.

Tima, M. T., & Sutrisno, H. 2020. Peningkatan Efikasi Diri Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia setelah dibelajarkan dengan Problem Solving Berbasis Multiple Representasi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 70–77.

Üce, M., & Ceyhan, İ. 2019. Misconception in Chemistry Education and Practices to Eliminate Them: Literature Analysis. Journal of Education and Training Studies, 7(3), 202–208.

Yanuarto, W. N., & Susanti, L. M. 2023. Utilizing QuizWhizzer Apps to Enhance Students’ Mathematical Ability in Game-Based Learning Model. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 199–212.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan. 2019. Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar MIPA, 14(3), 135–140.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.