IMPLEMENTASI INTERACTIVE COMPENSATORY MODEL OF LEARNING BERPENDEKATAN SETS MATERI REAKSI REDOKS KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

lbnatu Fajril Baiti(1),


(1) MA Sunan Kalijaga Karangawen JI.Raya Karangawen No. 88 Karangawen Demak 59566

Abstract

Te/ah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan prestasi be/ajar siswa dengan implementasi Interactive Compensatory Model of Leaming (ICML) berpendekatan SETS. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran /CML berpendekatan SETS yang terdiri atas pengembangan silabus, RPP, materi pembelajaran, LKS, dan instrumen penilaian. Desain eksperimen menggunakan quasi eksperimen yaitu pretest­ postest non-equivalent control group design. Penentuan sampel ditentukan secara purposive sampling sehingga diperoleh empat kelas, yaitu satu kelas kontrol dan tiga kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan yaitu N-Gain, uji banding anova, regresi, dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa peningkatan kreativitas dan prestasi be/ajar kelas tanpa penerapan /CML sebesar 0,29 dan 0,27; kelas yang menerapkan ICML dalam tatap muka sebesar 0,36 dan 0,58; kelas yang menerapkan /CML dalam kegiatan laboratorium sebesar0,50 dan 0,59; kelas yang menerapkan /CML dalam tatap muka dan kegiatan laboratorium peningkatan kreativitas masing­ masing sebesar 0, 71 dan 0, 73. Hubungan antara kreativitas dan prestasi be/ajar siswa berdasarkan implementasi ICML berpendekatan SETS pada materi reaksi redoks linear dan pengaruh kreativitas terhadap prestasi be/ajar sebesar 4, 8%. Respon siswa terhadap pembe/ajaran ICML berpendekatan SETS mencapai 0,81.

Keywords

ICML; SETS; kreativitas; prestasi be/ajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.