PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STADJ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SENYAWA HIDROKARBON

Mudrikatul Choiriyaha(1), Husnul Mualif(2),


(1) Madrasah Aliyah Negeri Demak JI. Diponegoro NO. 27 Demak Telp. !Faks. (0291) 681219 Demak 59571
(2) Fakultas Tarbiyah lnstitut Agama Islam Negeri Walisongo JI. Prof Dr. Hamka Kampus II Telp. 7601295 Faks. 7615387 Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil be/ajar Kimia siswa kelas X-8 Semester Genap MAN Demak pada materi pokok Senyawa Hidrokarbon dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, di mana tiap sik/usnya terdiri atas planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Hasi/ penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata hasil be/ajar siswa mencapai 61,90 dengan ketuntasan be/ajar klasikal 65%. Hasil ini meningkat pada siklus II menjadi 75,45 dengan ketuntasan be/ajar klasikal 87,5%. Sementara itu, pada aspek psikomotorik, ketuntasan be/ajar klasikal meningkat dari 63, 16% pada siklus I menjadi 73, 96% pada siklus II dan pada aspek afektif ketuntasan be/ajar klasikal meningkat dari 62,21% pada siklus I menjadi 71, 16% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasi/ be/ajar kimia siswa kelas X-8 MAN Demak.

Keywords

Pembelajaran Kooperatif; Student Teams Achievement Division

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.