MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERPENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR

Amir Maksum(1), Sri Mantini Rahayu Sedyawati(2),


(1) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Gedung 06 lantai 2, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Gedung 06 lantai 2, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan pendekatan SETS terhadap hasil be/ajar kimia siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X suatu MA di Kendal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster sampling, diperoleh satu sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model cooperative script dengan pendekatan SETS dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode ekspositori dengan pendekatan SETS. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data ranah afektif diperoleh persentase skor 80% untuk kelas eksperimen dan 78% untuk kelas kontrol. Sedangkan persentase skor data ranah psikomotor untuk kelas eksperimen diperoleh 79 % dan kelas kontrol sebesar 78 %. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi rb 0,52 dengan besarnya kontribusi 28%. Simpulan pada penelitian ini penggunaan model pembelajaran cooperative script dengan pendekatan SETS berpengaruh terhadap hasil be/ajar kimia siswa kelas X suatu MA di Kendal pada pokok materi konsep redoks dengan kontribusi 28%.

Keywords

Cooperative Script; Hasil Be/ajar; SETS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.