PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERMUATAN KARAKTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yotiani Yotiani(1), Kasmadi Imam Supardi(2), Murbangun Nuswowati(3),


(1) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting diajarkan kepada siswa.Inkuiridapatdijadikansebagaisalahsatupendekatan yang dapatmewadahipengembangankemampuanberpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain one-group pre-test post-test design. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop). Subjekimplementasi pada penelitianiniadalahsiswakelas XI SMANegeri 1 Mandor (Kalimantan Barat)tahunpelajaran 2014/2015.Instrumen dalam penelitian ini meliputi: (1) instrumen lembar wawancara guru (analisis kebutuhan); (2) instrumen penilaian/uji ahli terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan; (3) instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis siswa materi hidrolisis garam; (4) instrumen lembar observasi afektif siswa; (6) instrumen lembar observasi psikomotor siswa; dan (7) instrumen lembar angket respon siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan, serta mendapat respon positif dari siswa.

Keywords

bahan ajar, hidrolisis garam, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Burris, S., dan Garton, B.L., 2007, Effect of instructional strategy on critical thinking and content knowledge: using problem-based learning in the secondary classroom,Journal of Agricultural Education, Vol 48, No 1, Hal 106 –116.

Brist, A.H., 2012, The Effect Of A Contextual Approach To Chemistry Instruction On Students’ Attitudes, Confidence, And Achievement In Science,Proposal for Science Master, Master Programme di Montana University.

Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W., 2006, Critical Thinking Framework For Any Discipline,International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Vol 17, No 2, Hal 160-166.

Ennis, R.H., 2005, Critical Thinking Assessment, College of Education, The O hio State Univercity, Vol 32, No 3, Hal 179-186.

Ennis. R.H dan Weir, 2005, The Ennis Weir Critical Thinking Essay Test, Pacific Grove, CA. Midwest Publication, I.

Iskandar, S. M., 2012,PendekatanPembelajaranSainsBerbasisKonstruktivis, (Ibnu, S., Ed.). Malang: Jurusan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Malang.

Kim, K., Sharma, P., Land, S.M., dan Furlong, K.P., 2012, Effects of Active Learning on Enhancing Student Critical Thinking in an Undergraduate General Science Course,Innov High Educ, No38, Hal 223–235.

Majid, A., 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan StandarKompetensi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

McCrae, N., 2011, Nurturing Critical Thinking and Academic Freedom in the 21st Century University,International Journal of Teaching and Learning in Higher Education,Vol 23, No 1, Hal. 128-134.

Melhem, T.Y.M., dan Isa, Z.M, 2013, Enhancing critical thinking skills among students with learning difficulties,International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, Vol. 2, No. 4.

Niaz, M., 2005,How to Facilitate Students Conceptual Understanding of Chemistry?-a History and Philosophy of Science Perspective,Chemical Education International,Vol 6, No 1.

Nugraha, D.H., 2013, Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi SETS, berorientasi konstruktivistik,Journal of Innovative Science Education,Vol 2, No 1.

Prodjosantoso, A.K., 2008, Pembelajaran Kimia Secara Menarik dan Menyenangkan Pendekatan Relevansi’,Makalah disajikan dalam Seminar Pembekalan Calon Guru Kimia, Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES, Semarang, 12 Juli 2008.

Rochmad, 2012, Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,Jurnal Kreano, Vol 3, No 1, Hal 59-72.

Sanjaya, W., 2006,StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan, Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Santoso H, 2010, Memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konstruktivik,Jurnal Bioedukasi Vol 1, No 1, Hal 50-56.

Suharyadi, Permanasari,A., dan Hernani, 2013, Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Asam dan Basa,Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia,Vol 1, No 1, Hal 60-68.

Suyanti, R. D., 2010,Strategi Pembelajaran Kimia,Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto, 2007,Model-Model PembelajaranInovatifberorientasiKonstruktivisme, Jakarta: PrestasiPustaka Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.