PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN ORAL ACTIVITIES PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI

Sri Wardani(1), Santi Setiawan(2), Kasmadi Imam Supardi(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat memberikan dorongan alami pada siswa untuk melakukan eksplorasi sehingga mampu meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa.Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa.Penelitian dilaksanakan di suatu SMA Negeri di Salatiga pada tanggal 1 Februari sampai dengan 3 Maret 2016. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling, karena sampel mempunyai kemampuan akademik yang sama. Desain penelitian yang digunakan yaitu modified pretest-posttest groupcomparison design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rerata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil uji perbedaan rerata memperlihatkan thitung pemahaman konsep sebesar 2,43 lebih besar dari tkritis pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,67. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,367.Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan model inkuiri terbimbing berkontribusi sebesar 13,47% terhadap pemahaman konsep. Hasil observasi keaktifan siswa memperlihatkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang mencapai kategori sangat tinggi adalah 0,844 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,156.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi.

Keywords

pembelajaraninkuiri terbimbing, pemahaman konsep, keaktifan siswa

Full Text:

PDF

References

Matthew, B.M. dan Kenneth, I.O., 2012, A Study on The Effect of Guided Learning Teaching Method on Students Achievement in Logic,International Researcher, Vol 2, No 1, Hal.135-40.

Ngertini, N., Sadia, W., dan Yudana, M., 2013, Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran In kuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura,e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Hal 1-11.

Putri, Y., Suratno dan Asyiah, I.N., 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso,Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 4, No 2, Hal. 163-72.

Putriyani, M., 2012, Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Siswa VI Sekolah Dasar,E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Hal 1-7.

Seniwati, 2015, Peningkatan Aktivitas, Sikap dan Hasil Belajar Biologi Melalui PenerapanModel Pembelajaran Inkuiri,Jurnal Nalar Pendididkan, Vol 3, No 1, Hal. 317-21.

Sugiyono, 2012,Metode Penenlitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.

Sukmayasa, I.M.H., Lasmawan, I.W. dan Sariyasa, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika,e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Vol 3, Hal. 1-11.

Suparno, P., 2007,Metodologi Pembelajaran Fisika, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tariani, K., Syahruddin, H. dan Parmiti, D.P., 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V,e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2, No 1, Hal. 1-10.

Trianto, 2011,Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Vitasari, R., Joharman dan Suryandari, K.C., 2013, Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari,Hal. 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.