Upaya peningkatan produksi dengan menggunakan alat pengaduk otomatis pada usaha donat kentang di Semarang

Ulfah Mediaty Arief(1), Dyah Nurani Setyaningsih(2), Sugeng Purbawanto(3),


(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Donat merupakan suatu jenis olahan bahan makanan yang terbuat dari bahan dasar terigu dan bentuknya bulat, olahan makanan ini sangat dikenal dimasyarakat baik untuk dikomsumsi anak-anak maupun dewasa. Salah satu kreatifitas dalam mengolah donat yang bahan dasarnya dari terigu dapat dikembangkan pengolahannya dengan menggunakan bahan dasar kentang. Donat Kentang bukan hanya dijual di toko-toko tetapi juga banyak dijual di rumahan (UKM). Harga jual donat kentang di UKM relatif murah dibanding dengan di toko-toko modern. Donat Kentang yang dijual di toko modern harganya di atas Rp 3000,-/per buah dan di UKM relatif murah ± Rp 1.000,-/per buah. Permasalahan pada UKM donat disebabkan oleh  beberapa  aspek yaitu  aspek  produksi,  teknologi, aspek kualitas produk, kemasan, manajemen pemasaran. Pada pelaksanaan program IbM ini akan memberikan solusi permasalahan yang ada, yaitu meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas produk donat kentang dengan memberikan alat pencampur adonan   yang   otomatis.   Metode   atau   tahapan   yang   dilakukan   pada kegiatan IbM ini adalah  melakukan sosialisasi ke UKM tentang kegiatan IbM, mengumpulkan dan menganalisa data yang diperlukan untuk alat mekanisasi yang akan dirancang sesuai kebutuhan UKM , dan melakukan uji coba peralatan yang akan diberikan. Alat mekanisasi yang diberikan ini, membutuhkan daya listrik 450 watt yang sesuai dengan data kebutuhan UKM tersebut. Alat ini mampu mengaduk adonan donat kentang sebanyak 2 kg sekali. Waktu yang dibutuhkan untuk mencampur adonan yaitu selama 20 menit.  Adanya alat pengaduk otomatis ini,  maka UKM dapat meningkatkan kapasitas produksinya dari 4 kg sehari menjadi 15 kg dan hasil kualitas produk adonan donat kentang lebih homogen, tekstur yang lembut, dan higienisitas.

Full Text:

PDF

References

Anggraini, E. F. dan D.K. Suwardiah. 2015. Pengaruh Subsitusi Bekatul (Rice Bran) terhadap sifat Organoleptik Donat. Jurnal Tata Boga. Volume 04, Nomor 08, Edisi Yudisium Periode Maret 2015, hal 63 – 70.

Dermawan, R.A. 2016. Perancangan Bangun Mesin Pengaduk Serbaguna (MIXER) dengan Penggerak Motor Listrik. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM.

Fellows, P. 1988. Food processing technology-principles and practice. VCH Verlagsgesellschaft mbH, Weinheim; Basel; Cambridge; New York.

Hermis, Z dan S. N. I, Lubis. Analisis Segmentasi Pasar Donat Kentang (Studi Kasus: Kecamatan Medan Baru). Journal On Social Economic Of Agriculture And Agribusiness.Vol 4, No 1 (2015): Volume 4 No. 1 Januari 2015

Kusdarini, E. 1997. Kajian Kinerja Mesin Pengolah Kue Bawang. Skripsi. FATETA, IPB, Bogor.

Mokhtar, A. dan Sujono. 2007. Penggunaan Mesin Pencampur Hemat Energi untuk Meningkatkan Produksi dan Kwalitas Cattle Milk Replacer. Jurnal Dedikasi. Volume 4.

Ross, K.A., L.J. Pyrak-Nolte, dan O.H. Campanella. 2006. The Effect of Mixing Condition on the Material Properties of an Agar Gel-Microstructural and Macrostructural Consideration. Food Hydrocolloids. Volume 20: 79-87.

Rusiman. (2008). Fisiologi Buah. Gallery Pustaka

Subagjo, A. 2007. Manajemen Pengolahan Kue dan Roti. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani. 2002. Mesin Pengaduk. http:tekimku.blogspot.com.

Tamba, M., S. Ginting, dan L.N. Limbong. 2014. Pengaruh Subtitusi Tepung Labu Kuning pada Tepung Terigu dan Konsentrasi Ragi pada Pembuatan Donat. Ilmu dan Teknologi Pangan. Vol. 2 No.2 Tahun 2014.

Umadevi et al., 2013. Health Benefits and Cons of Solanum tuberosum. Journal of Medicinal Plants Studies. 11(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Penerbit: Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229. Telp./Fax.: (024) 8508101. Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats