Membangun jejaring kewirausahaan melalui keunggulan usaha konveksi untuk meningkatkan kinerja pemasaran

Sri Endah Wahyuningsih(1), Murwatiningsih Murwatiningsih(2),


(1) Prodi Pendidikan Tata Busana, Jurusan PKK,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini menguji secara empirik dan menganalisis pengaruh jejaring kewirausahaan keunggulan usaha konveksi terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah konveksi di Jawa Tengah. Berdasarkan research gap hasil penelitian mengenai pengaruh jejaring kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran maka memunculkan proposisi: keunggulan usaha adalah kemampuan perusahaan untuk memberikan nilai lebih dari pada pesaingnya berupa pengembangan kualitas produk, produk yang lebih bervariasi, pelayanan yang lebih baik, menciptakan loyalitas pelanggan, dan menentukan harga jual produk yang kompetitif dengan spirit kerjasama yang saling menguntungkan dan memberi kemanfaatan. Keunggulan usaha berpotensi meningkatkan kinerja pemasaran. Dasar teori yang melandasi antara lain teori modal sosial, tri keunggulan kompetitif, dan pendekatan kapabilitas dinamis dan organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha mikro kecil dan menengah bidang konveksi di Jawa Tengah. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 180 responden. Responden adalah pemilik/pengelola usaha konveksi, pengambilan sampel diprioritaskan pada perusahaan yang mempunyai karakteristik masuk di dalam program binaan klaster Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah. Teknis analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 18. Hasil penelitian secara umum membuktikan bahwa jejaring kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran konveksi melalui keunggulan usaha. Jejaring kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hal ini dapat dilihat nilai P value adalah 0,023 dengan kontribusi total pengaruh sebesar 0,542. Saran penelitian ini adalah perlu dibangun dan dikembangkan jejaring kewirausahaan pada usaha mikro kecil dan menengah pada usaha  konveksi maupun bidang fashion.

Full Text:

PDF

References

Agarwal, S, Erramilli , M.,K dan Dev C.S. 2003. “Market orientation and performance in service firm role of innovation”. Journal of Services Marketing. Vol.17. Pp.68-82.

Barokah, Siti Nur.,2009. “Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Strategi Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada KUKM Pengrajin Kulit di Manding- Bantul”. Tesis Tidak Dipublikasikan. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponogoro.

Baron, R. A., Markman, G. D., 2000. “Beyond social capital: the role of social skills in entrepreneurs' success”. Academy Management. Exec. Vol. 14. Pp. 1-15.

Chell, E. dan Baines, S. 2000. “Networking, Enterpreneurship and Microbusiness Behaviour”. Enterpreneurship and Regional Development. Vol. 12. Pp. 195-215.

Diosdad, Arnold. 2003. “Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. II No. 3 (Desember). Pp. 256-278.

Elfring, Tom dan Willen Hulsink, 2003. “Networks in Entrepreneurship: The Case of High-technology Firms”. Small Business Economics. Vol. 21. No. Pp. 409-423.

Ferdinand, Augusty, 2000. “Manajemen Pemasaran Sebuah Pendekatan Stratejik”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferdinand, Augusty. 2003. “Sustainable competitive advantage: sebuah eksplorasi model konseptual”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferdinand, Augusty. 2005. “Modal sosial dan keunggulan bersaing; Wajah strategi pemasaran”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Greve, A. and Salaff, J. W. 2003. “Social networks and entrepreneurship”. Entrepreneur ship. Theory and Practice.

Hazlina et al. 2007. “A Cross cultural study of entrepreneurial competencies and entrepreneurial success in SMES in Australia an Malaysia”. Thesis-unpublised. The University of Adelaide.

Hazlina et al. 2010. “Is Entrepreneurial Competency and Business Success Relationship Continget Upon Business environment?”. A Study of Malaysian SMES Emerald Group Publishing.

Hadyati, Ernani. 2012. “Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 13. No. 1. Pp. 8-16.

Isnaeni. 2009. “Pengaruh Perilaku Kewirausahaan, Segmentasi Pasar dan Modal Usaha Terhadap Laba Usaha Industri Kerajinan Meubel Di Sambi Boyolali”. Skripsi-Tidak Dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Knight, Gary. 2000. “Entrepreneurship and marketing strategy: The SME under globalization”. Journal of international marketing. Vol. 2. Pp. 12-21.

Kotler, Philip. 2006. “Marketing Management-Analysis, Planning, Implementation and Control”. New Jersey. Prentice Hall International, Inc.

Modityang, Daniel. 2007. “A Bayesian Belief Network Computational Model of Social Capitalin Virtual Communities”. A Thesis Submitted to The College of Graduate Studies and Research In Partial Fulfillment of the Requirements For an Interdisciplinary Degree of Doctor of Philosophy In Computer Science and Educational dan Communications Technology University of Saskatchewan Saskatoon, Saskatchewan Canada

Moghli, Azzam Abou and Muala, Ayyed. 2012. “Impact of Entrepreneursjip Networks In The Success of Business On-going Stage In Jordanian Manufacturing Companies”. American Academic & Scholarly Research Journal. Vol. 4. No. 2. Pp. 76-91.

Murwatiningsih, 2009, Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Layanan Pariwisata Terhadap Keputusan Kunjungan Wisatawan Di Kota Semarang, Laporan Penelitian, UNNES.

Murwatiningsih. 2011. Pemberdayaan Bauran Pemasaran Terhadap keputusan

Pembelian Berbasis karakter konsumen pada pasar Tradisional Di Kota Semarang. Laporan Penelitian Unnes.

Murwatiningsih. 2012. Pengaruh resiko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Karakter Konsumen. Laporan Penelitian Unnes.

Murwatiningsih dan Dyah Maya Inayah. 2013. Sentra Agribisnis Hortikultur sebagai Upaya Mewujudkan Agrowisata Di Kota Semarang, Laporan Penelitian Unnes.

Nihayah, Dyah Maya, 2012, Strategi Pengembangan Agrobisnis Tanaman Buah Untuk Mendukung Percepatan Gunungpati Sebagai Kawasan Agrowisata di Kota Semarang, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper, ISBN 978-602-17035-0-5, Jurusan Ekonomi Pembangunan, UNNES.

Nurhayati, Tatiek. 2009. “Orientasi Entrepreneur dan Modal Sosial; Strategi Meningkatkan Kinerja Organisasi”. Disertasi Program Doktor Ilmu Ekonomi UNDIP-tidak dipublikasikan. Semarang.

Slater, Stanley F and Eric M. Olson. 2001. “Marketing ’ s Contribution to the Implementation of Business Strategy: An Empirical Analysis”. Strategic Management Journal. Vol. 22. No. 11. Pp. 1055 – 67 .

Sugiarto PH. J. 2008. “Peran Orientasi kewiraswastaan dalam mengatasi konflik fungsional untuk menciptakan strategi yang berorientasi pada kinerja bisnis”. Disertasi Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro-Tidak Dipublikasikan.

Supranoto, Mieke. 2009. “Strategi menciptakan keunggulan bersaing produk melalui orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kinerja pemasara”. Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro-Tidak Dipublikasikan.

Tambunan, Tulus. 2009. “UMKM di Indonesia”. Penerbit Ghalia Indonesia

Widodo. 2008. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Kretivitas Strategi”. Manajemen Bisnis. Vol. 1. No. 2. Pp. 151-175.

Zimmerer, T. W dan Scarborough, N. H. 2002. “Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil”. P.T Prenhallindo. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Penerbit: Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229. Telp./Fax.: (024) 8508101. Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats