PENGARUH LAJU PEMAKANAN DAN KEDALAMAN PEMAKANAN PADA PROSES CNC TURNING TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ST 60

Tri Syamsul Allam(1), Wirawan Sumbodo(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh laju pemakanan dan kedalaman pemakanan pada proses CNC Turning terhadap tingkat kekasaran permukaan Baja ST 60. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan. Penggunaan variabel kontrol laju pemakanan 0,2 mm/ rev dan kedalaman pemakanan 1,3 mm. Variasi kedalaman potong yang digunakan adalah 0,2 mm, 0,3 mm, 2,3 mm, dan 2,5 mm dengan penggunaaan laju pemakanan kontrol 0,2 mm/ rev. Sedangkan variasi laju pemakanan yang digunakan adalah 0,05 mm/rev, 0,1 mm/rev, 0,4 mm/rev, dan 0,5 mm/rev dengan penggunaan kedalaman pemakanan kontrol sebesar 1,3 mm. Pembuatan spesimen sejumlah 27 yang kemudian setelah dilakukan pembubutan dilakukan uji kekasaran untuk setiap spesimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar kedalaman pemakanan hasil kekasaran permukaan semakin rendah, dimana kekasaran paling rendah dengan kedalaman pemakanan 2,5 mm sebesar 2,220 µm sedangkan semakin kecil laju pemakanan hasil kekasaran permukaan semakin rendah, dimana diperoleh kekasaran paling rendah dengan laju pemakanan 0,2 mm/rev sebesar 1,463 µm.

Keywords

ST 60 steel, feed rate, depth of cut, surface roughness

Full Text:

PDF

References

Abbas, H., Bontong, Y., Aminy, Y., Azis, N., dan Arief, S. 2013. Pengaruh Parameter Pemotongan pada Operasi Pemotongan Milling terhadap Getaran dan Tingkat Kekasaran Permukaan (SurfaceRoughness),(http://repository.unhas.ac.ida. diakses pada 20 Desember 2018).

Hadimi. 2008. Pengaruh Perubahan Kecepatan Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Pembubutan (11). Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak: 18 – 28.

I G. N.K. Yudhyadi., Rachmanto, T., Ramadan Adnan, A. 2016. Optimasi Parameter Permesinan Terhadap Waktu Proses Pada Pemrogaman CNC Milling Dengan Berbasis CAD/CAM. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Mataram: 38 - 39.

Lesmono, I., Yunus. 2013. Pengaruh Jenis Pahat, Kecepatan Spindle, Dan Kedalaman Pemakanan Terhadap Tingkat Kekasaran Dan Kekerasan Permukaan baja St 42 Pada Proses Bubut Konvensional. JTM, 1 (3).

Munadi, S., 1998. Dasar – dasar Metrologi Industri. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2017. metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulthan Adib, E. S. (2015). Pengaruh Spindle Speed dan Feed Rate Terhadap Bottom Surface Roughness Pada Proses Milling CNC 4- Axis. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya: 1-10.

Sumbodo, Wirawan. 2008. Teknik Produksi Mesin Industri. Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Departemen Pendidikan Nasional).

Zubaidi, A., Darmanto, I. 2012. Analisis pengaruh kecepatan putar dan kecepatan pemakanan terhadap kekasaran permukaan material FCD 40 pada mesin bubut CNC: Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Penerbit: Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229. Telp./Fax.: (024) 8508101. Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats