EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
(1) Universitas PGRI Madiun
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alias Masek & Sulaiman Yamin. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thingking Ability: A Theoretical and Empirical Review. Journal of International Review of Social Sciences and Humanities, Vol.2 (1), hlm. 215-221.
Bechina, Aurilla Arntzen. 2006. Knowledge Sharing Practices: Analysis of Global Scandinavian Consultant Company. Electronic International Journal of Knowledge Management, 4 (2), 109-116.
BSNP. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.
Cabrera, G.A. (1992). A Framework for Evaluating the Teaching of Critical Thinking. Dalam R.N Cassel (ed). Education. 113 (1). 59-63.
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).
Facione, P.A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Diperoleh 3 Februari 2016, dari http://www.insightassessment.com/CT-Resources/Independent-Critical-Thinking- Research/pdf-file/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF.
Fathi, D., Zolfaghari, A.R., Hashemi, M. (2011). The Contrastive Study of Mental Health Status of the Mothers of Exceptional Children (Deaf and Blind) in Special Educational System with Combined Educational System: Social and Behavioral Sciences. (30), 1877-1820.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2010). Fundamentals of Physics, Chapters 33-37. John Wiley & Sons.
Ibrahim, M. 2007. Kecakapan Hidup: Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim, M. dan Nur, M. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan MatematikSekolah. Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim, Muslimin. 2011. Integrasi Fenomena IPA dalam Pembelajaran: Sebuah Alternatif pendidik Komprehensif.Bunga Rampai Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Generasi Masa Depan. Surabaya: University Press.
Liliasari. (2011). Peningkatan Kualitas Guru Sains Melalui Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pasca Sarjana. Bandung: UPI.
Mayadiana, D. 2005. Pembelajran dengan Pendekatan diskursus untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Tesis pada Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan.
Rhofiki, Badri. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Santrock, John W., (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Silberman, Mel. 2010. 101 Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: Index.
Solso. 2008. Psikologi Kognisi Edisi Ke-8. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02. [online]. Tersedia: http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Wawasan%20Pe ndidikan/PBL%20Model.pdf.
Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul “Pelatihan Penyusunan Lks Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK” di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal, 22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License