KEEFEKTIFAN MODEL TPS DENGAN MEDIA JANGTOR TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV

Susilo Bayu Mustofa(1),


(1) UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Abstract

ABSTRAK
Kemampuan pemecahan masalah matematika masih rendah yang disebabkan oleh pada saat pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dan juga belum memanfaatkan media yang menarik bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran think pair share berbantu media jangtor dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi FPB dan KPK. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Pre Experimental Desaign yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Tarbiyatul Banin Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 32 siswa kelas IV. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 40,62 dan rata-rata posttest 77,34. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data melalui perhitungan uji t diperoleh nilai = 9,38274 dan = 1,699. Karena Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model tps berbantu media jangtor efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin Pekalongan Kabupaten Pati.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License