PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI TERHADAP KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA

Tohir Solehudin(1), Retno Triwoelandari(2), Ahmad Mulyadi Kosim(3),


(1) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(2) Universitas Ibn Khaldun Bogor
(3) Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pemelajaran prezi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama, sebagai upaya inovasi pembelajaran PAI untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran serta menanamkan keingintahuan siswa terhadap pengetahuan agama. Metode yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimen, yang dilaksanakan di SMPN 1 Cibungbulang-Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Cibungbulang-Bogor yaitu kelas 8-2 sebagai kelas eksperimen dan 8-8 sebagai kelas kontrol.  Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dalam bentuk pretest dan posttest. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan media pembelajaran prezi pada pembelajaran PAI dapat memberikan pengaruh untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa terbukti dari hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 31,34 sedangkan hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 39,22. Analisis data menggunakan uji Independent Samples t-Test dengan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran prezi pada pembelajaran PAI berpengaruh dalam menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa Sekolah Menengah Pertama.

Keywords

Karakter Rasa Ingin Tahu; Media Pembelajaran; Prezi

Full Text:

PDF

References

Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada, 2017.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 1990.

Heick, Terry. Teachthought, [online]. (https://www.teachthought.com/learning/4-stages-of-curiosity/). Html.

Kementrian Pendidikan Nasional. Bahan Pelatihan: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas, 2010.

Komalasari, Kokom dan Didin Saripudin. Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama, 2017.

Muslimah, F., Triwoelandari, R., Sutisna. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Islam dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Proceeding ACoMT: The 1st Annual Conference on Madrasah Teacher, 244-252.

Oktavioni, Winda. (2017). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD Negeri 186/I Sridadi. Skripsi FKIP Universitas Jambi.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2014.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2014.

Wahyu. (2011). Masalah Dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 2(3). Unnes: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas/article/download/2310/2363.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License