Upaya Guru dalam Membentuk Generasi Qur’ani pada Siswa melalui Program Tahfidz Al-Qur’an

Muliati Handayani(1),


(1) Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah dengan melakukan program tahfidz Al-Qur’an di sekolah dapat membentuk karakter siswa yang mencintai Al-Qur’an. Sejauh ini sudah banyak sekolah yang melakukan program-program tahfidz Al-Qur’an di Pekanbaru. Tentu program ini sangat bermanfaat bagi kehidupan anak milenial yang sudah terkontaminasi dengan kehidupan dunia teknologi yang serba canggih dan memudahkan segala pekerjaan manusia. Gadget yang semakin canggih dan apa yang kita butuhkan semua ada di dalamnya membuat kita tidak terlepas dari gadget itu sendiri. Anak-anak sekarang juga sudah pandai menggunakan gadget sehingga menyebabkan ketergantungan yang sangat mengkhawatirkan. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktunya di depan gadget mereka seperti bermain games. Bahkan gadget juga membuat anak tidak peduli dengan lingkungan sekitar, tidak mau bersosial. Hal ini sangat disayangkan karena di usia anak-anak seharusnya lebih mengembangkan dan menanamkan karakter atau akhlak yang mulia yang selalu membawa mereka ke arah yang lebih baik, bukan malah semakin terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Program tahfidz ini dapat mendidik dan mengembangkan karakter Qur’ani yaitu anak yang mencintai Al-Qur’an. Sesibuk apapun siswa senantiasa untuk menyempatkan diri membaca dan menghafal Al-Qur’an karena di sekolahnya siswa terbiasa melakukannya. Dengan adanya program ini siswa diharapkan dapat mencintai Al-Qur’an dan hatinya selalu dekat dengan Al-Qur’an, bukan dengan gadgetnya.

This study aims to prove whether by doing the program of tahfidz Al-Qur'an at school can shape the character of students who love the Qur'an. So far there have been many schools that carry out Al-Qur'an's tahfidz programs in Pekanbaru. Of course this program is very useful for the lives of millennial children who have been contaminated with the life of the world of technology which is very sophisticated and facilitates all human work. Gadgets are increasingly sophisticated and what we need everything in it makes us inseparable from the gadget itself. Children are now also good at using gadgets that cause dependence which is very worrying. Most of them spend time in front of their gadgets like playing games. Even gadgets also make children not care about the environment, do not want to be social. This is very unfortunate because at the age of children should develop more and instill a noble character or character that always leads them to a better direction, rather than even falling into undesirable things. This tahfidz program can educate and develop the character of the Qur'an, that is, children who love the Qur'an. No matter how busy the students are, they always take the time to read and memorize the Qur'an because in their school students are accustomed to doing it. With this program students are expected to love the Qur'an and their hearts are always close to the Qur'an, not with the gadget.

Keywords

professional competency standards, teacher, and student interest in learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License