PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR di MINU KH. MUKMIN SIDOARJO

Fahmita Ramadhan Febiyanto(1),


(1) 

Abstract

Abstrak:
Membaca ialah suatu hal mendasar yang wajib dikuasai sebagai dasar pemahaman dalam ranah dunia pendidikan, sebab membaca sebagai jembatan jendela wawasan dunia. Setiap hari tiada hari tanpa membaca, dari membaca hal yang bersifat sederhana hingga bacaan yang berat dan kompleks. Untuk kegiatan membaca, usia anak-anak adalah masa optimal dan dianggap telah fasih dalam hal membaca. Disayangkan sekali dalam tahap ini kenyataan yang ada berbanding terbalik dengan opini yang beredar dimasyarat. Bahkan sering kita jumpai anak yang duduk di bangku sekolah dasar masih terkendala dalam kategori membaca. kendala yang sering dialami adalah kesulitan membaca, terbata bata saat membaca, hingga sulit untuk membaca dan melafalkan kalimat. Hal tersebut tentu membuat miris karena pada realitanya masih banyak terjadi perbedaan yang cukup signifikan atas harapan dan pencapaian tidaklah sama dan kurang sesuai.
Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya penelitian mengenai permasalahan anak dalam hal membaca jenjang sekolah dasar mampu menajdi perhatian banyak pihak, terutama orang tua wali yang mengeluhkan hal tersebut. bahwa putra maupun putri mereka terkendala yang berimbas pada hasil belajar dan perkembangan pada diri mereka. Pelaksanaan penelitian harus segera diprises dan ditindak lanjuti untuk mengetahui apa penyebab dan faktor apa saja yang mampu menjadi penghambat proses belajar membaca pada anak. Penelitia dilaksanakan dengan menerapkan metode secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara fenomenologi. Dimana peneliti akan menguak apa yang sebenarnya terjadi berdasarkan fenomena yang nampak maupun tidak nampak, juga untuk menemukan solusi terbaik guna mengatasi problematika yang ada.
Problematika kesulitan belajar membaca yang tengah dialami oleh peserta didik mampu dikarenakan permasalahan yang timbul dari dalam dan luar diri anak, juga berkaitan dengan psikologi anak. perlu diketahui dan diperhatikan secara baik bahwa membaca ialah inti yang mendasar dalam dunia pendidikan yang harus diamalkan setiap harinya demi kehidupan yang lebih cerah dimasa mendatang.
Kata Kunci : Problematika, Kesulitan Membaca

Keywords

Problems, Reading Difficulties

References

Isa Anshori, Melacak State Of The Art “Fenomenologi Dalam Kajian Ilmu-Ilmu Sosial†Halaqa: Islamic Education Journal 2 (2), Desember 2018, 165-181 ISSN 2503 – 5045 (online) Journal Homepage: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa DOI Link: http://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1814 Article DOI:10.21070/halaqa. v2i2.1814

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2000).

Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).

Farida Rahim. (2011). Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Darmiyati Zuchdi. (2012). Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: Multi Presindo.

Samsu Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia

L.R Gay, Eductional Research: Competencies for Analysis and Applicatio, Fifth Edition (United States of America: Florida International University, 1996).

Dahlia Paitung, “Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektualâ€. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Al- Daulah Vol. 5 No. 2, Desember 2016.

Muhammad Asdam, Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). (Makassar: LIPa, 2016).

Dalman, Keterampilan Membaca, (Jakarta: Rajawari Pers, 2014).

Muhammad Asdam, Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). (Makassar: LIPa, 2016).

Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 2002).

MINU KH. MUKMIN, Sejarah Singkat dan Profile MINU KH. MUKMIN Sidoarjo, https://minukhmukmin.sch.id diakses pada Kamis, 04 Juni 2020, pukul. 18.06.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License