PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI DESA WAE BANGKA LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Stefanus Hubertus Gusti Ma(1),


(1) Universitas Flores

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Wae Bangka Lembor Kabupaten Manggarai Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Subyek penelitian yakni kepala keluarga (KK) di Desa Wae Bangka Lembor Kabupaten Manggarai Barat yang tersebar di empat Dusun. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket dan selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Wae Bangka Lembor yang ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 81,6 persen. Sedangkan 19,4 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini.

Keywords

pendapatan orang tua, pendidikan anak

References

Abdullah, Zauwir, M Dkk. (2017). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Nelayan Di Desa Bekawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir: Universitas Riau. Jurnal Ekonomi, Volume 35, 3 September.

Ahmadi, Abu.(1982). Sosiologi Pendidikaan. Surabaya: Pt. BinaIlmu

Bahri Syaiful.(2004.) Pola Komuniksi Orang Tua Dan Anak-Anak Dalam Keluarga. Jakata: Rineka Cipta

Darnis, A., & Ramayani, C. (2013). Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung. Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 11-21.

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39-61.

Guritno, (1992) Kamus Ekonomi, Bisnis, Pembukuan. Yogyakarta: Andi Offset

Junaiddin, Zakaria. (2009). Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta: GP Press.

Iswardono, (2001) Analisis Regresi dan Korelasi, Yogyakarta, BPFE

Khadariyah, (1982). Analisa PendapatanNasional. Jakarta: Bima Aksara.

Mankiw, Gregory, N. (2004). Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Universita Indonesia

Mulyanto, Dkk. (1982).Kemiskinan Dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: Rajawali

Muhammad, Dkk. (2017). Pengaruh Faktor Ekonomi Porang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak Di Desa Wunse Jaya Kecematan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan: Institut Agama Islam. Jurnal Al-Ta’dib, Negeri, Volume 10, 1 Januari

Munahar Suhaili, (2017). Pengaruh Pendapatan Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Kelangsungan Pendidikan Anak Di Dusun Ceret Desa Tki (Jengkik Utara): STTT Palapa Nusantara Lombok-NTB.

Profil Desa Wae Bangka, 2018. Kecamatan Lembor. Kabupaten Manggarai Barat.

Sari Y. Sinta, Dkk. (2014). Pengaruh Pendapatan, Pendidikan Kepala Keluarga, Dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lenggayang Kabupaten Pesisie Selatan: STKIP-PGRI Sumbar.

Sari, W. F. (2015). Pengaruh Pendapatan orang tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Sutyatiedan Prijono, (2002). Kemiskinan dan Ketiadakmerataan di Indonesia. Jakarta: PT RinekaCipta

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein (2002) Metode Riset Komunikasi Organisasi, Jakarta, Gramedia Pustaka Uatama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License