IMPLEMENTATION OF THE BOOK AL-HIKAM CHAPTER AHWALUL ‘ARIFIIN IN INCREASING ETHICAL VALUES IN THE RAUDHOTUL FIRDAUS ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Alip Syamsudin(1),


(1) 

Abstract

Pesantren sekolah/madrasah ialah sarana penunjang pendidikan yang bertindak di satu pihak sebagai pelestari ilmu pengetahuan, dan di lain pihak sebagai sumber bahkan pendidikan yang akan diwariskan kepada generasi yang lebih muda. Secara nyata perpustakaan sekolah/madrasah merupakan sarana untuk proses belajar-mengajar bagi guru maupun murid.

            Keberadaan pesantren merupakan sarana yang diperuntukan agar proses belajar-mengajar lebih bersifat aktif dan dinamis. Dengan demikian, pesantren tidak hanya berguna bagi kiyai saja dalam kaitannya untuk mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, melainkan juga berguna bagi para santri dalam rangka melengkapi pendidikan selain pendidikan formal. Oleh karena itu, guru harus mampu mengarahkan dan memberikan motivasi agar para remaja lebih mendayagunakan pesantren.

             Adapun tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui aktivitas kajian kitab al-hikam di pondok pesantren raudhotul Firdaus, untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai etika di pondok pesantren raudhotul Firdaus, untuk mengetahui sejauh mana hasil yang di dapat dalam kehidupan sehari hari dari kajian kitab al-hikam dan kitab tanbihul ghafiliin di ponpes raudhotul firdaus.

             Dalam penelitian ini guna memperoleh data dan informasi yang objektif di butuhkan data-data dan informasi faktual dan relevan. Metode yang digunakan penulisan sebagai sarana dan pedoman yaitu menggunakan metode kualitatif dekriftif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan, status penomena secara sistematis, actual dan akurat, untuk memperolah data yang lengkap dan objektif (apa adanya sesuai realitas yang sebenarny). maka penulis dengan menggunakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu untuk memperoleh data yang ada di lapangan mengenai berbagai gejala yang ada di sekitarnya dengan masalah yang akan dibahas, dan didukung Library Reseacrh yaitu membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan permasalahan ini guna memperoleh kajian teoritis yang kuat.  Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner, dan studi kepustakaan. 

Implementasi kitab Al-Hikam di pondok pesantren Raudhotul Firdaus efektif dilaksanakan. Menurut hasil wawancara penulis dengan para santri, dewan guru dan pimpinan, penulis mengambil kesimpulan bahwa hasil yang didapat setelah implementasi kitab Al-Hikam pada kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan nilai-nilai etika di kehidupan sehari-hari ketika bermasyarakat umumnya, dan kehidupan sehari-hari di pondok pesantren Raudhotul Firdau s khususnya. Dengan cara tabarukan kitab Al-Hikam peningkatan nilai-nilai etika itu diterapkan oleh para santri, dewan guru, pimpinan hingga alumni di kehidupan sehari-hari mereka.

 

Kata kunci : kitab al-hikam, pondok pesantren, aktivitas 

References

Daftar Pustaka

Athaillah Sakandari, Syaikh Ibnu, Al-Hikam, Semarang, Karya Putra.

Abudin nata. Akhlak tasawuf , PT Raja Grafindo persada, 2016.

Djamal. M. Paragdigama Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Kh. Sholeh rafe’I. tasawuf modern, purwakarta, ponpes al-muthohhar, 2015

Moleonng, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Mudyana Engking, dan Royani. Klasifikasi: Pengantar Teoretis dan Praktis Organisasi Bahan Pustaka, Cetakan ke-2. Jakarta: Proyek Pengembangan Perpustkaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1976. PERMENDIKBUD No. 23 Tahun 2015. Sinaga Dian. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2007.

Syaikh Nasor bin Muhammad bin ibrahim assamarqondi , Tanbihul Ghafiliin, Semarang, Karya Putra.

Syekh azzurnuzi. Ta’limul muta’lim, semarang, karya putra

Syekh salim sumair as-samarqondi. Safinatunnaja, karya putra.

Sujiwo tejo & dr. mn. Kamba. Tuhanku maha asyik, bandung, penerbit imania, 2017

Sinaga Dian. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: ALFABETA, 2013.

Sujawerni, Wiratna.V. Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami), Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2018.

Yunus, Hadi Sabari. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License