PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN DAN KESALAHAN GRAMATIKA PADA KARYA TULIS ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDUNG

Dinda Sari Apriyanti(1),


(1) University of Education

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan siswa untuk menulis karya tulis ilmiah masih kurang dikuasasi, khususnya dalam aspek kebahasaannya. Keterangan tersebut berasal dari observasi dan penilaian peneliti. Atas dasar itu, penelitian ini berupaya menganalisis secara mendalam dan mendeskripsikan penggunaan kaidah kebahasaan dan kesalahan gramatika pada karya tulis ilmiah siswa. Deskripsi tersebut dapat menjadi bukti kedaruratan pembelajaran karya tulis ilmiah siswa baik aspek materi, bahan ajar, metode, maupun media, bahkan guru. Berdasar pada hasil yang diorientasikan berupa deskripsi, penelitian ini pun menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berarti menjelaskan objek penelitiannya dengan kata-kata atau deskripsi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik obeservasi dan tes untuk mengumpulkan datanya. Data tersebut bersumber dari karya tulis ilmiah siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 12 Bandung. Adapun pengolahan data tersebut dengan menempuh tahapan analisis data yang meliputi tahap reduksi data disertai identifikasi data, tahap penyajian data disertai pengelompokan data, serta tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan pematuhan kaidah kebahasaan pada karya tulis ilmiah siswa, tetapi terdapat pula 161 penyimpangan kaidah kebahasaan. Penyimpangan tersebut meliputi 63 kesalahan kata baku (39.1%), 36 kesalahan kata impersonal (22.4%), dan 62 kesalahan kelugasan (38.5%). Selain itu, temuan penelitian ini ialah 121 kesalahan gramatika yang terdiri dari 60 kesalahan pemilihan kata meliputi pengaruh bahasa asing (22.6%), percakapan (6.6%), penggunaan imbuhan (63.3%), konteks kalimat (5%), rancu (1.6%), hiperkorek (1.6%) dan 61 kesalahan penyusunan kalimat mencakup kelogisan (1.6%), kesejajaran (6.5%), kehematan (18%), kesepadanan (63.9%), serta kecermatan (9.8%).

Keywords

karya tulis ilmiah, kaidah kebahasaan, kesalahan gramatika

References

Ahmadi, Anas, dkk. (2011). Menulis Ilmiah: Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.

Atmazaki. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. Jurnal: Jurnal ISLA Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS Universitas Negeri Padang, ISBN 978-602-17017-2-0. Diunduh 24 Agustus 2020.

Darma, Yoce A. dan Nini I. (2016). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jakarta: UHAMKA Press.

Fannies, S. A. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX SMPN 3 Singosari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol 10 no 1, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Surakarta, Indonesia. Diunduh 24 Agustus 2020.

Goddard, Y. L. & Carole S. (2008). Effects of Self-Monitoring on The Narrative and Expository Writing of Four Fourth-Grade Students with Learning Disabilities. Reading & Writing Quarterly, Vol. 24, hlm. 408–433.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harmer, Jeremy. (1983).The Practice of English Language Teaching. New York: Longman Group.

Kurniawan, Khaerudin. (2012). Bahasa Indonesia Keilmuan Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama

Kosasih, E. dan Endang K. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA- MA/SMK. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Moleong, L.J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Rosdakarya.

Penny ,Ur. (1980). Grammar Practice Activities: A Practical Guide for Teacher. New York: Cambridge University Pres.

Nadia C. A., E. Kosasih, dan Nana G. (2018). Keefektifan Kalimat pada Laporan Hasil Pengamatan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 5 no 4, hlm 85-98. Diunduh 24 Agustus 2020.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. New York: Prentice Hall.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (edisi ke empat). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. & Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa (edisi revisi). Bandung: Angkasa

Wahyu, R. dkk. (2017). Analisis Kalimat Efektif Ditinjau dari Segi Kehematan dan Kelogisan pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri Banawa Kabupaten Donggala. Jurnal Bahasantodea, Universitas Tadulako, Vol. 5, No. 3. Diunduh 24 Agustus 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License