Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Teknik

Maharani Kusumaningrum(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya mahasiswa sangat membutuhkan adanya program praktik kerja lapangan baik di industri besar / kecil, instansi, perusahaan. Adanya program Praktik Kerja Lapangan bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengalaman dan pandangan tentang situasi dan kondisi nyata di dunia kerja serta berbagai permasalahan yang dapat terjadi dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini agar mendapatkan gambaran tentang faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan praktik kerja lapangan mahasiswa Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakan model penelitian survei dan studi literature. Survei dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 305 mahasiswa yang telah mengikuti praktik kerja lapangan dari 14 macam prodi pada fakultas teknik. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dalam pemilihan lokasi praktik kerja lapangan mempertimbangkan kesesuaian penempatan lokasi atau tempat praktik kerja lapangan dengan bidang ilmunya masing-masing. Sebagian besar dosen pembimbing telah melakukan perannya dalam membantu memberikan arahan kepada mahasiswa dengan baik sehingga kemampuan mahasiswa dapat meningkat. Dan pelayanan administrasi yang dilakukan kepada mahasiswa sudah sesuai dengan sasarannya dalam membatu syarat mahasiswa untuk memenuhi persyaratan - persyaratan administrasi yang diperlukan. Sebagian besar mahasiswa yang mempunyai kemampuan hard skill dan soft skill yang semakin meningkat setelah pelaksanaan praktik kerja. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kesiapan kerja bagi mahasiswa untuk kedepannya dapat terjun langsung kedalam dunia kerja.

 

Kata kunci: dosen pembimbing, mahasiswa fakultas teknik, praktik kerja lapangan.

Keywords

dosen pembimbing; mahasiswa fakultas teknik; praktik kerja lapangan

References

Adininggar A.D, Ali Wafa. 2016. Analisis Permaslahan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Malang: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9 (1): 11 – 21

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dasmo. 2014. Peran Guru pamong dan Dosen Pembimbing Terhadap Keberhasilan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa.Unindra: Jurnal Formatif 4 (1): 56-64

J. Lonan-L. 2012. Praktek Kerja Lapangan (PKL) Sebagai Peluang Kerja Lulusan Jurusan PKK. Bandung: Aptekindo

Katalog Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.2014. UM: UM Press

Lodico, G, Marguerite, Dean T. Spaulding, Katherine H. Voegtle. 2006.Methodsin Educational Research From Theory to Practice San Fransisco. JosseyBass

Mohaidin, Nur Jannah., Masniza Supar, dkk. 2017. Employers’ Perception On Internship Programme. Malaysia: ICGA

P. Maertz Jr, C., A. Stoeberl, P., & Marks, J. (2014). Building successful internships: lessons from the research for interns, schools, and employers.Career Development International,19(1), 123-142

Republik Indonesia. 2003. Undang – Undang No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Tim Dosen Fakultas Teknik Unnes. 2010. Prosedur mutu pelaksanaan dan Evaluasi Praktik Kerja Lapangan. Semarang

Siti Anisa, Hanna. 2018. Tingkat Kesiapan Peserta Didik Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi bangunan Dalam Menghadapi Dunia Kerja (Studi di SMK N 2 Garut). UPI: Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License