Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbasis Eksperimen dengan Menggunakan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Fegi Fegi(1), Muhammad Ali(2), Muhammad Ali(3),


(1) Universitas Tadulako
(2) Universitas Tadulako
(3) Universitas Tadulako

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan inkuiri berbasis eksperimen dengan menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Luwuk. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest goup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Luwuk. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 18 orang. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validator ahli. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 19,50 lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu 16,94. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh  = 3,65 dan = 2,024 pada taraf nyata ⍺ = 0,05. Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbasis Eksperimen dengan Menggunakan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Luwuk.

Keywords

Pendekatan Inkuiri, Eksperimen, Media Sederhana, Hasil Belajar Fisika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License