Keterterapan Media Virtual Reality (VR) dilihat dari Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0

Sony Zulfikasari(1), Wardi Wardi(2), Wahyu Adhi Windiyantono(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian tentang keterterapan media Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.. Hal yang difokuskan dalam kajian persepsi ini adalah tentang bagaimana media VR ini mampu beradaptasi di era Revolusi Industri 4.0 yang bercirikan pada Artificial intelligence (AI) dan Robotic dengan tidak meninggalkan aspek-aspek pembelajaran (instructional) untuk ketercapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut tulisan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap keterterapan Media Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0.. Kajian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang menggambarkan hasil nyata tanpa menjelaskan hubungan antar variabel dan juga tidak menguji hipotesis. Sasaran kajian ini adalah mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan dengan sasaran mahasiswa yang berfokus pada konsentrasi Multimedia Pembelajaran. Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara dan penggunaan langsung media Virtual Reality (VR). Hasil dari kajian ini merupakan persepsi mahasiswa tentang media VR dalam pembelajaran di Era Industri 4.0.

Keywords

Media Pembelajaran 4.0, Virtual Reality

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License