Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pada Penggunaan Lego dalam Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar

Jabal Subagis(1), Ari Setiawan(2),


(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengembangkan instrumen penilaian psikomotor pada penggunaan lego dalam pembelajaran matematika sekolah dasar (2)mengetahui penyusunan instrumen penilaian psikomotor yang valid dan reliabel (3) mengetahui hasil implementasi menggunakan instrument yang telah disusun oleh peneliti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo dengan siswa SD kelas enam sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data pengamatan menggunakan angket lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan korelasi Exploratory Factor Analisis (EFA) dan data dianalisis menggunakan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) penilaian aspek psikomotor di setiap sekolah berbeda karena belum ada instrumen penilaian psikomotor yang baku, valid dan reliabel, sekolah belum menggunakan teknologi lego untuk pembelajaran matematika, guru dominan menilai ranah kognitif dan menilai aspek psikomotor melalui pengamatan secara klasikal (2) peneliti telah menyusun instrument penilaian psikomotor yang valid dan reliabel terdiri dari 10 butir pernyataan. Uji validitas konstruk dengan analisis faktor tersebut bernilai KMO 0,616 > 0,5 , sig 0,000 < 0,05 dengan Initial Eigenvalues Commulative 61,% > 62,508% dan terbentuk 4 faktor dan mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,624. (3) implementasi instrument ini menunjukan hasil bahwa kemampuan psikomotor siswa dalam kategori mulai terlihat dan berkembang.

Keywords

lego, matematika, pengembangan instrumen, penilaian, psikomotor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License