Pendidikan Keselamatan Melalui Penyusunan Surveilans Kesehatan Berbasis Sekolah (Sebagai Upaya Mitigasi Covid-19 di Sekolah)

Evi Widowati(1), Herry Koesyanto(2), Anik Setyo Setyo Wahyuningsih(3), Nurul Huda Huda Agustiani(4), Srinata Dwijaningtyas(5), Oky Aristantiko Putra(6), Octavia Rahayu(7), Eko Harjanto(8),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) 
(6) Universitas Negeri Semarang
(7) Universitas Negeri Semarang
(8) SD Masjid Syuhada Yogyakarta

Abstract

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah level satu sampai dengan tiga, membuka kesempatan bagi satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan izin dari pemerintah daerah. Saat pemberlakukan pembelajaran tatap muka di Sekolah Dasar X telah ditemukan sebanyak 2 siswa positif Covid-19 yaitu siswa dikelas 1 dan 6. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian dan langkah penangan yang tepat agar tidak terjadi outbreak Covid-19 di sekolah tersebut. Penerapan pendidikan keselamatan melalui penyusunan sistem surveilans merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan di sekolah, sehingga deteksi dan kontak erat antar para siswa/staf (tracing) dapat dilakukan, kemudian dapat ditindaklanjuti dengan pemeriksaan secara akurat (testing) dan jika membutuhkan maka dapat dilakukan perawatan yang memadai (treatment) sesuai konsep 3T. Surveilans Covid-19 disekolah memiliki peran penting dalam mitigasi risiko Covid-19 khususnya saat pembelajaran tatap muka pada era tatanan baru (new normal). Tujuan penelitian untuk menghasilkan sistem surveilans Covid-19 berbasis sekolah dan mendapatkan gambaran hasil surveilans Covid-19 disekolah paska liburan panjang hari raya Idul Fitri 2022, dengan menggunakan design R & D level 1. Surveilans yang dihasilkan terdiri dari empat bagian yaitu instrumen skrining surveilans bagi siswa dan staf sekolah, instrumen skrining surveilans 3T bagi siswa dan manajemen sekolah. Dari hasil implementasi surveilans dapat diketahui bahwa surveilans ini mampu laksana di sekolah.

Keywords

Surveilans, mitigasi, Covid-19, sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License