PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSTRUKTIVIS BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER 1 KONSERVASI BERBANTUAN E-LEARNING

Amidi Amidi(1), Budi Prasetyo(2),


(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Peningkatkan penguasaan konsep dan memperbaiki sikap belajar mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran konstruktivis berbasis nilai-nilai karakter konservasi berbantuan E-learningi adalah fokus dalam penelitian ini, sebab pembelajaran E-learning dapat menyentuh aspek aktivitas dan kreativitas mahasiswa. Pengembangan yang dipilih adalah pengembangan dengan model 4D yang diadaptasi menjadi 4P, yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), pengembangan (validasi ahli dan uji coba), dan penyebaran. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tatap Muka (RTM), yang dilengkapi dengan Lembar Diskusi dan E-learning. Adapun rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 89,38 yang melebihi batas minimal nilai B, sehingga ratarata prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang rata-rata prestasi belajarnya adalah 80,50. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran efektif.

Keywords

Konstruktivis; Karakter Konservasi; E-learning; Efektif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License