PERBANDINGANÂ MODELÂ PEMBELAJARANÂ KONVENSIONALÂ DANÂ KOOPERATIFÂ TIPEÂ JIGSAWÂ TERHADAPÂ HASILÂ BELAJARÂ KOMPETENSIÂ PERBAIKANÂ SISTEMÂ PENGAPIANÂ Â Â
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar kompetensi perbaikan sistem pengapian yang pembelajarannya disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model kooperatif tipe Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 orang siswa kelas X Teknik Mekanik Otomotif (TMO) SMK Negeri 4 Semarang tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri atas 36 siswa kelas X TMO 1, 36 siswa kelas X TMO 2, dan 36 siswa kelas X TMO 3. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Control group preÂtestÂpostÂtest. Hasil belajar pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peâ€ningkatan dari perolehan rataâ€rata awal sebesar 68,49 menjadi 83,17 setelah pembelajaran.  Peningkatan ini menâ€capai 56,11%. Peningkatan hasil belajar kelompok kontrol hanya mencapai 24,73%; yaitu dari kemampuan awal sebesar 68,57 menjadi 78,81. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingan dengan model konvensional.
Â
Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, konvensional dan hasil belajar.
The objective of this research is to compare between the study result with repair ignition system competence in which the learning is presented using conventional and jigsaw cooperative learning model. The population of the research was 108 students of tenth grade in Automotive Mechanical Engineering (TMO) at SMK Negeri 4 Semarang year 2008/2009 that could be divided into 36 tenth graders of TMO 1, 36 tenth graders of TMO 2, and 36 tenth graders of TMO 3. This research is experimental one with Control Group PreÂTestÂPostÂTest design. The student reâ€sult using cooperative learning model jigsaw type gets improvement from first average gaining about 68,49 to 83,17 after learning. This improvement percentage achieves 56,11%. Meanwhile, the study result improvement percentage in controlledâ€group only achieves 24,73%. It is from first ability about 68,57 to 78,81. It shows that the study result using jigsaw cooperative learning model is better that the conventional one.
Â
Keywords: jigsaw cooperative model, conventional and study result
Refbacks
- There are currently no refbacks.