PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW  TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN    

Prasetyo Utomo (1), - Winarno(2), - Suwahyo (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar kompetensi perbaikan sistem pengapian  yang  pembelajarannya  disampaikan  dengan menggunakan model  pembelajaran  konvensional  dan model kooperatif  tipe  Jigsaw.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  108  orang  siswa  kelas  X  Teknik Mekanik  Otomotif (TMO) SMK Negeri 4 Semarang tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri atas 36 siswa kelas X TMO 1, 36 siswa kelas X TMO 2, dan 36 siswa kelas X TMO 3. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Control group pre­test­post­test. Hasil belajar pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peâ€ningkatan dari perolehan rataâ€rata awal sebesar 68,49 menjadi 83,17 setelah pembelajaran.  Peningkatan ini menâ€capai 56,11%. Peningkatan hasil belajar kelompok kontrol hanya mencapai 24,73%; yaitu dari kemampuan awal sebesar 68,57 menjadi 78,81. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingan dengan model konvensional.

 

Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, konvensional dan hasil belajar.

The objective of this research is to compare between the study  result with  repair  ignition system competence  in which  the  learning  is presented using conventional and  jigsaw cooperative  learning model. The population of  the research was 108 students of tenth grade in Automotive Mechanical Engineering (TMO) at SMK Negeri 4 Semarang year 2008/2009  that could be divided  into 36  tenth graders of TMO 1, 36 tenth graders of TMO 2, and 36 tenth graders of TMO 3. This research is experimental one with Control Group Pre­Test­Post­Test design. The student reâ€sult  using  cooperative  learning model  jigsaw  type  gets  improvement  from  first  average  gaining  about  68,49  to 83,17  after  learning.  This  improvement  percentage  achieves  56,11%. Meanwhile,  the  study  result improvement percentage in controlledâ€group only achieves 24,73%. It is from first ability about 68,57 to 78,81. It shows that the study result using jigsaw cooperative learning model is better that the conventional one.

 

Keywords: jigsaw cooperative model, conventional and study result

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.