PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI SISTEM REM   MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL INTERAKTIF 

Faiq  Irwandi(1), - Masugino(2), Rahmat Doni  Widodo(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi  belajar  siswa  yang pembelajarannya menggunakan Modul Pembelajaran  Interaktif  dan  Pembelajaran Konvensional. Populasi  dalam penelitian  ini  adalah  siswa  tingkat  II  Teknik Mekanik Otomotif  SMK Darussalam Balapulang  yang  berjumlah  64 siswa.  Sampel  dari  penelitian  ini  adalah  total  dari  populasi  yang  terbagi  dalam  2  kelompok  yaitu  kelompok eksperimen  dan  kelompok  kontrol.  Data  dianalisis  menggunakann  uji  validitas,  sedangkan  analisis  akhir menggunakan uji  t  test. Hasil dari penelitian menunjukkan  adanya perbedaan peningkatan prestasi belajar  yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Disarankan kepada guru untuk menggunakan modul pembelajaran interaktif sebagai variasi pembelajaran.

Kata kunci: Modul interaktif, pembelajaran konvensional, prestasi belajar

 

The  aim  of  this  research  is  to  understand  the  difference  between  students’  study  achievements  using Interactive Learning Module and Conventional Learning. The population of this research was 64 second graders of Mechanical Engineering program at SMK Darussalam Balapulang. Meanwhile, the sample of it was the total amount of population divided into two groups which were experiment group and control one. Data was analyzed applying validity test, while final analysis applied tâ€test. The result of the research shows that there is a significant difference in study achievement improvement between the experiment group and the control one. It is suggested to teachers to apply interactive learning module as learning variation.

Keywords: interactive module, conventional learning, study achievement

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.