PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, MASYARAKAT, DAN KELUARGA  TERHADAP MINAT SISWA MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR   

Wildan  Azhari(1), - Soedartono(2), Samsudin Anis(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  ada  tidaknya  pengaruh  lingkungan  sekolah, masyarakat, dan  keluarga  terhadap minat  siswa menggunakan  internet  sebagai  sumber  belajar  otomotif. Populasi  penelitian adalah seluruh siswa program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Tonjong. Sampel di ambil dengan cara acak atau  sampel  random. Dengan uji F, nilai p value adalah 0,034 < 0,05 berarti ada pengaruh  lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga terhadap minat siswa menggunakan  initernet sebagai sumber belajar otomotif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  lingkungan  sekolah,  masyarakat,  dan  keluarga  merupakan  tempat berinteraksi siswa, secara keseluruhan interaksi itu sangat berpengaruh  terhadap  minat  siswa  menggunakan internet sebagai sumber belajar otomotif.

Kata kunci: lingkungan, minat, internet, otomotif

 

The  goal  of  this  research  is  to  identify  whether  or  not  there  is  effect  of  school,  society,  and  family background  toward  students’  interests using  internet  as  automotive  learning  source. Population  of  the  research was all students of Automotive Mechanical Engineering program at SMK Negeri 1 Tonjong. Meantime, the sample was taken randomly or using random sample. Using Fâ€test, p value was 0,034 < 0,05. It means that there is effect of school,  society,  and  family  background  toward  students’  interests  using  internet  as  automotive  learning  source. The  result of  this  research  indicates  that  school,  society, and  family background are  students’ places  to  interact. Overall,  the  interaction  is  really  influential  toward  students’  interests  in  using  internet  as  automotive  learning source.

Keywords: background, interest, internet, automotive

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.