KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL  BELAJAR KOMPETENSI BAHAN BAKAR BENSIN 

Imron Rosyadi  Khaerun (1), - Samsudi (2), - Murdani (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Modul Pembelajaran Interaktif terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub  Tegal  tahun  ajaran  2009/2010.  Teknik  pemilihan  sampel  dengan  Random  Sampling. Dan metode pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  metode  dokumentasi,  observasi,  dan  metode  tes.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dengan  menggunakan  Modul  Pembelajaran  Interaktif mengalami  kenaikan  sebesar  51.38  %,  sedangkan  pembelajaran  tanpa  Modul  Pembelajaran  Interaktif (Konvensional) mengalami kenaikan hanya 38.62%. Pembelajaran ini sebaiknya dikombinasikan dengan metode â€Â metode pembelajaran berbasis multimedia yang lain.

Kata Kunci: keefektifan, modul pembelajaran, interaktif, hasil belajar.

 

The study was conducted to determine  the  effectiveness of  the  use of Interactive Learning Module on student achievement. The study population was all students in grade XI Automotive SMK NU Hashim Tarub Tegal Ash'ari,  school  year  2009/2010.  Sample  is  selected  using  random  sampling. Data  collection method  used  is  the method of documentation, observation, and test methods. The results showed that the increase in student learning outcomes by using  the  interactive  learning module has  increased  by 51.38%, while  learning without  interactive learning  module  (conventional)  increased  only  38.62%.  These  lessons should be combined with the other multimediaâ€based learning method.

Keywords: effectiveness,learning modules, interakctive, learning result.

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.