KEEFEKTIFANÂ MODELÂ PEMBELAJARANÂ KOOPERATIFÂ TIPEÂ NUMBEREDÂ HEADSÂ TOGETHERÂ (NHT)Â TERHADAPÂ KEMAMPUANÂ PEMECAHANÂ MASALAHÂ BELAJARÂ SISWAÂ
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  keefektifan model  pembelajaran  kooperatif  tipe NumÂbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah belajar siswa. Desain penelitian mengguâ€nakan eksperimen murni. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan  tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TMO SMK Muhammadiyah 1 Blora  berjumlah 60 siswa yang terbagi daâ€lam  2  kelas,  yaitu TMO A  berjumlah  30  siswa  dan TMO B  berjumlah 30 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian  ini siswa pada kelas A sebagai kelompok eksperimen dan siswa pada kelas B sebagai kelompok kontrol. Pembelajaran metode NHT diterapkan pada satu kelas eksperimen sedangkan metode ekspositori pada keâ€las kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode NHT memberikan hasil lebih baik dibandingkan metode ekspositori.
Kata kunci: model pembelajaran Numbered Heads Together, Â pemecahan masalah belajar
Â
The purpose of this research is to know the effectiveness of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) type toward the ability to solve students’ study problems. Research design used pure experiment. The methods  to  collect used data were documentation and  test. The population of  the  research was 60 eleventh graders of TMO at SMK Muhammadiyah 1 Blora dividing into 2 classes. They were TMO A with its 30 students and TMO B with 30 students as well. Meanwhile, sample taken  in this research was students  in class A as experiment group  and  students  in  class B  as  control  group. The NHT method  learning was  applied  in one  experiment  class, while  expository method was done  in  control one. The  result of  the  research  shows  that  learning process using NHT method contributes better result than expository method.
Keywords: Numbered Heads Together learning model, study problem solving
Refbacks
- There are currently no refbacks.