PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK DAN PEMAHAMAN KESELAMATAN,  KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP HASIL BELAJAR   KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN 

Anjar Arfianto (1), - Samsudi (2), Agus  Suharmanto (3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan peralatan praktik dan pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja terhadap hasil belajar kompetensi pemeliharaan/service engine dan komponen di SMK N 10 Semarang menurut persepsi siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa diambil menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Metode analisis data dan hipotesis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil anaâ€lisis statistik menunjukkan bahwa deskripsi kelengkapan peralatan praktik menurut siswa prosentase keseluruhan sebesar  70,8%  sehingga  termasuk  kriteria  lengkap  dan  deskripsi  pemahaman  keselamatan  dan  kesehatan  kerja menurut siswa prosentase keseluruhan sebesar 72,6% sehingga termasuk kriteria baik. Besarnya sumbangan dari X1  terhadap  Y  sebesar  r2  =  0,129  dan  X2  terhadap  Y  sebesar  r2  =  0,118. Hasil  analisis  regresi  ganda  didapatkan Fhitung= 8,241 lebih besar dari Ftabel= 3,134 (pada dk pembilang = 2 dan dk penyebut 67 dengan signifikansi 5%) dan R2 sebesar 0,197 artinya kelengkapan peralatan praktik dan pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja secara bersamaâ€sama memberikan pengaruh  terhadap hasil belajar kompetensi service engine dan komponennya siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK N 10 Semarang.

Kata kunci: kelengkapan peralatan praktik, keselamatan dan kesehatan kerja, hasil belajar

 

This research is aimed to identify how much the effect of practical tool completeness and working safety and health understanding toward competence study result of engine  and  component maintenance/service  is  at SMK N 10 Semarang according to students’ opinions. The sample of the research was 70 students taken using clusâ€ter sampling technique. The method to get data was questionnaire whose validity of reliability having been tested. The method  to analyze data and hypothesis used  twoâ€predictor regressive analysis. The statistical analysis result showed that the percentage of practical tool completeness description according to students was about 70,8%, so it was in complete criteria. Meanwhile, the percentage of working safety and health description according to students was 72,6%, so  it was also  in good criteria. The contribution magnitude  from X1  toward Y was r2 = 0,129 and X2 toward Y was r2 = 0,118. The double regressive analysis result was obtained from F hitung = 8,241 that was larger than F table = 3,134 (in quantifier dk = 2 and in denominator dk = 67 with its 5% significance percentage) and R2 was 0,197. It showed that practical tool completeness and working safety and health understanding simultaneously affected  competence  study  result of engine and  its  component of eleventh graders of Automotive engineering at SMK N 10 Semarang.

Keywords: practical tool completeness, working safety and health, study result

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.