KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM INJECTOR NOZZLE DAN GLOW PLUG

Andriawan Susanto(1), Abdurrahman .(2),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran examples non-examples yang mengajak siswa untuk ikut berfikir kritis dengan mendeskripsikan gambar atau video yang ditampilkan sesuai materi kompetensi dasar sistem bahan bakar diesel serta digunakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non-examples dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pre-test-post-test control group design, yaitu adanya pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kompetensi dasar sistem injector nozzle dan glow plug dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 50,28 sedangkan post-test sebesar 82,64. Pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai pre-test 53,97 sedangkan post-test sebesar 78,24. Dilihat dari data di atas menunjukkan adanya efektivitas pada model pembelajaran examples non-examples dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Keywords

Model Pembelajaran Examples Non-Examples, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.