PENERAPAN MEDIA PERAGA PANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGISIAN TYPE INTEGRATED CIRCUIT (IC)

Edi Ermawanto(1), Masugino .(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media peraga sistem pengisian dan mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengisian siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Tengaran tahun 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRĀ  SMK Negeri 1 Tengaran yang berjumlah 140 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol, jadi sampelnya adalah 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan kompetensi siswa antara hasil belajar tentang sistem pengisian IC sebelum menerapkan dan setelah menerapkan media panel peraga. Kelas eksperimen mempunyai rata-rata pretest sebesar 56,50 dan kelas kontol 57,50. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dar masing-masing kelas terlihat sama. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui post test dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,29 dan kelas kontrol sebesar 75,79. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media panel peraga dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi identifikasi sistem pengisian type integrated circuit (IC). Penerapan peraga sistem pengisian sudah sesuai dengan yang diharapkan meskipun demikian harus ada penekanan materi serta penjelasan yang lebih spesifik dari guru tentang sistem pengisian agar kompetensi yang harus dicapai tidak mengalami penurunan pencapaian

Keywords

penerapan, media peraga, kompetensi, sistem pengisian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.