MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Mesin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan menggunakan perkakas tangan serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan menggunakan perkakas tangan dengan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Teknik Mesin yang terbagi dalam tiga kelas yaitu X, XI, dan XII. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas X TM 2 sejumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kompetensi menggunakan perkakas tangan yang diperoleh kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT mengalami peningkatan sebesar 5,6, yang mulanya 13,3 menjadi 18,9. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah hanya mengalami peningkatan sebesar 2,9, yang mulanya 13,4 menjadi 16,3. Dari hasil uji analisis juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kompetensi menggunakan perkakas tangan setelah menggunakan model pembelajaran TGT yaitu (18,9 - 13,3) – (16,3 - 13,4) = 2,7
Keywords
Model Pembelajaran TGT, Ceramah, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.