PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI ECOPRENEURSHIP DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENGELASAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

. Saerozi(1),


(1) Guru SMK Yatpi Godong Grobogan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship, pengaruh motivasi terhadap hasil belajar m dan pengaruh interaksi model pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada Materi Sistem Pengelasan di Sekolah Menengah Kejuruan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini 150 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random sampling. Metode Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji statistik anava dua jalan dengan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5% : (1) Terdapat pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning berorientasi Ecopreneurship terhadap hasil belajar pada Materi Sistem Pengelasan (2) Terdapat pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Pengelasan (3) Terdapat pengaruh interaksi Model Pembelajaran Project Based Learning berorientasi Ecopreneurship dan motivasi belajar siswa secara bersama -sama terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Pengelasan

Keywords

Project Based Learning, Ecopreneurship, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.